Percayakan Produk Eropa Ketiga Kalinya, TransJakarta Resmi Gunakan Sasis Volvo

1001 cara telah ditempuh oleh pemerintah dan jajarannya untuk bisa menghasut masyarakat untuk mulai meninggalkan kendaraan pribadi dan mulai untuk beralih menggunakan sarana transportasi umum. Mulai dari penambahan rute, perbaikan jalur, hingga penambahan armada baru merupakan sebagian kecil dari usaha pemerintah dalam mensukseskan program pengurangan kendaraan pribadi tersebut. Tidak lain dan tidak bukan, tujuan utama dari program ini adalah untuk  mengentaskan masalah kemacetan yang kian hari kian meradang.

Baca Juga: TransJakarta Explorer, Gratis Untuk Penumpang Stasiun Tanah Abang

Seperti yang baru-baru ini marak diberitakan adalah, TransJakarta sebagai penyedia jasa layanan Bus Rapid Trasit (BRT) di Ibukota baru saja merilis salah satu armada terbarunya yang nantinya akan bersanding dengan armada dari Scania dan Mercedez-Benz. Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, kali ini PT Transportasi Jakarta mempercayakan produk dari satu perusahaan multi-nasional terkemuka asal Swedia, Volvo.

Dalam mendatangkan dan mengoperasikan Volvo Bus B11R-370 6×2, PT Transportasi Jakarta tidak berjalan sendiri, mereka bekerja sama dengan PT Steady Safe Tbk. Total, ada 128 unit Maxi bus yang akan bergabung dengan armada TransJakarta lainnya. Patut diketahui, sasis Volvo Bus B11R-370 6×2 merupakan salah satu sasis premium yang dimiliki oleh PT Transportasi Jakarta.

Bus Volvo rakitan Laksana ini menggunakan mesin diesel tipe D11A berkapasitas 10,8 liter 6 silinder turbo charger dan aftercooler. Adapun tenaga maksimum yang dihasilkan oleh bus anyar ini mencapai 370 Horse Power (HP) dengan torsi 1.770 Nm. Keunggulan lain dari bus ini antara lain transmisi yang sudah otomatis dan pembatas kecepatan bus. Layaknya bus-bus lain di TransJakarta, Volvo Bus B11R-370 6×2 pun memiliki sekat antara kabin penumpang dan ruang kemudi.

Adapun bus  ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC), 1 hingga 4 Maret 2018 di Jakarta. Rencananya ke-128 unit bus Volvo ini akan disuplai secara bertahap oleh PT Indotruck Utama, yang memegang keagenan untuk Volvo Bus di Indonesia. Tidak hanya itu, PT Indotruck Utama juga bertugas melakukan maintenance bagi bus-bus Volvo ini selama berlangsungnya kemitraan antara PT Trans Jakarta dengan PT Steady Safe, Tbk, selama 10 tahun.

Baca Juga: Bus Listrik Untuk TransJakarta, Antara Harapan dan Realita

Jika ditelaah lebih jauh, armada Volvo terbaru di tubuh TransJakarta merupakan ‘barang Eropa’ ketiga setelah Mercedez dan Scania. Secara keseluruhan, Volvo merupakan merek bus kedelapan yang tergabung di TransJakarta setelah ZhongTong, Daewoo, Hyundai, Hino, Ankai, Mercedes-Benz dan Scania. “TransJakarta berkomitmen untuk selalu menggunakan armada pilihan demi memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan Transjakarta,” ungkap Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Budi Kaliwono, dikutip dari  laman republika.co.id.