Kereta Lokal Merak-Rangkasbitung, Gantikan Layanan KA Jakarta-Merak

Kereta api lokal Rangkasbitung-Merak PP

Ada perubahan yang cukup signifikan dalam perjalanan kereta rute Jakarta-Merak, bila dahulu perjalanan bisa dilakukan dengan layanan kereta langsung dari Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Angke di Jakarta, maka kini untuk menuju Merak di Banten, calon penumpang tak bisa lagi menikmati KA Kalimaya (Tanah Abang-Merak), Patas Merak/Banten Ekspres (Angke-Merak), KA Lokal Rangkas (Rangkasbitung-Angke) dan KA Rangkas Jaya (Rangkasbitung-Tanah Abang).

Baca juga: Stasiun Merak, Pilihan Integrasi Lintas Moda Penumpang Kapal Ferry

Meski tak lagi beroperasi, pecinta kereta dan penumpang tujuan Merak, masih bisa menggunakan kereta lokal Rangkasbitung-Merak atau sebaliknya. Tanggung? Ya memang, tetapi hal tersebut dikarenakan kini PT KCI sudah membuka jalur kereta Commuterline (KRL) nya hingga ke Rangkasbitung.

Sehingga penumpang dari Jakarta bisa menaiki KRL dari Tanahabang menuju Rangkasbitung dan melanjutkan KA Lokal menuju Merak. Tenang bagi penumpang yang kerja atau punya urusan pagi-pagi di Jakarta, kereta dari Rangkasbitung paling pagi untuk KRL.

Sebenarnya, kereta lokal dari Rangkasbitung menuju Merak juga keberangkatan pertama dan paling pagi yakni 03.50, sehingga penumpang yang memiliki urusan di Merak pagi hari bisa lebih tenang. Sedangkan keberangkatan kereta pertama dari Merak menuju Rangkasbitung yakni pukul 05.00 pagi. Perjalanan dari Rangkasbitung-Merak atau sebaliknya kurang lebih memakan waktu sekitar dua jam.

Setiap perjalanan kereta lokal baik dari Rangkasbitung menuju Merak atau sebaliknya ada enam kereta. Saat ini kereta tersebut hanya kereta lokal yang tak diberi nama dan hanya disebutkan dengan nomor. Dari Rangkasbitung ada KA 462 yang berangkat pukul 03.50, KA 464 berangkat 07.45, KA 466 pukul 09.50, KA 468 berangkat 12.45, KA 470 pukul 15.35 dan KA 472 pukul 20.00.

Baca juga: Jalur Kereta Rangkasbitung-Saketi-Labuan Kembali Direaktivasi

Sedangkan dari Merak menuju Rangkasbitung kereta pertama pukul 05.00 yakni KA 461, 06.30 KA 463, 10.20 KA 465, 11.45 KA 467, 15.35 KA 469 dan 17.20 KA 471. Dengan adanya KA pengganti ini bisa memudahkan penumpang mendapatkan transportasi menuju Merak atau Rangkasbitung dan melanjutkan dengan KRL meski hilangnya kereta langsung Jakarta menuju merak.

Meski ini adalah kereta lokal tetapi KA ekonomi tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas AC. Tarifnya pun cukup murah yakni Rp3 ribu sekali jalan baik dari Rangkasbitung maupun Merak. Jadi meski harus berganti kereta untuk menuju Merak, tapi dengan pola baru ini, maka durasi perjalanan boleh jadi akan lebih cepat dengan lebih banyaknya frekuensi pemberangkatan.