Grand Danyang-Kunshan, Jembatan Kereta Yang Panjangnya Melebihi Jarak Jakarta-Bandung!

Jembatan Grand Danyang-Kunshan. Sumber: reuters

Jembatan Cikubang yang berada di daerah Jawa Barat dinobatkan sebagai jembatan kereta terpanjang yang ada di Indonesia. Jembatan yang terletak di jalur yang menghubungkan Bandung dengan Jakarta ini memiliki panjang 300 meter, dan hingga kini belum ada jembatan kereta api lain di dalam negeri yang bisa menyainginya.

Baca Juga: Cikubang, Jembatan Kereta Terpanjang di Indonesia

Berbicara soal jembatan terpanjang, tahukah Anda bahwa di Negeri Tirai Bambu ada jembatan kereta yang panjangnya jauh melebihi Jembatan Cikubang? Walaupun letaknya bukan di Indonesia, namun jembatan yang dibangun hanya dalam kurun waktu empat tahun dan menyandang predikat sebagai jembatan kereta terpanjang di dunia.

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman livescience.com, Jembatan Grand Danyang-Kunshan ini merupakan jembatan yang menghubungkan jalan kereta api dari Shanghai dan Nanjing di Provinsi Jiangsu, Cina. Jembatan yang dilewati oleh kereta cepat Beijing-Shanghai ini mulai beroperasi sejak Juni 2011. Menyinggung soal panjangnya, jembatan yang melibatkan lebih dari 10.000 pekerja dalam proses pembangunannya ini membentang sejauh 165 km! Jarak yang lebih jauh daripada Bandung-Jakarta.

Jembatan yang membentang di atas Sungai Yangtze ini menelan dana pembangunan hingga US$8,5 juta atau yang setara dengan Rp113 triliun. Berdiri 31 meter di atas permukaan tanah, jembatan Grand Danyang-Kunshan ini diklaim oleh Guiness Book of World Record sebagai jembatan terpanjang yang ada di dunia.

Ternyata, Cina tidak hanya mencantumkan nama sebagai negara yang memiliki jembatan terpanjang di dunia saja. Salah satu negara dengan populasi terbanyak di dunia ini juga turut menyumbangkan beberapa nama jembatan lain masuk ke dalam kategori jembatan terpanjang unia. Sebut saja Tianjin Grand Bridge dengan panjang 113,7 km dan Weinan Weihe Grand Bridge dengan panjang 79,7 km menjadi dua jembatan yang ada di Tiongkok berhasil merangsek masuk ke dalam daftar jembatan terpanjang yang ada di dunia.

Baca Juga: Jembatan Pamban, Selipkan Maut Dibalik Keindahan Pemandangannya

Berkat panjangnya yang ‘tidak masuk di akal’, kemahsyuran jembatan ini bahkan bisa menyaingi kedigdayaan Golden State Bridge yang berada di San Francisco, Amerika Serikat. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Cina, pastikan Anda menyempatkan diri untuk melintasi jembatan ini ya!