Anda Ingin Diberi Rating 5 oleh Pengemudi Uber? Ikuti Tips Ini!

www.digitaltrends.com

Memberi rating atau nilai pada pengemudi online sudah sering dilakukan para pelanggan yang menggunakannya. Namun, apa jadinya jika Anda seorang pelanggan juga dinilai atau diberi rating oleh para pengemudi tersebut? Uber salah satu aplikasi taksi maupun ojek online ini sudah menambahkan layanan untuk memberikan nilai pada penumpang. Hal ini dilakukan agar pengemudi dan penumpang bisa sama-sama merasakan mendapat nilai alias tak hanya sebelah pihak saja.

Baca juga: Lewat Aplikasi, Uber Wajibkan Pengemudi Untuk Istirahat Setelah 12 Jam Beroperasi

KabarPenumpang.com merangkum dari laman businessinsider.sg, pemberian rating bagi penumpang ini sendiri sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Sebagai pelanggan, pastinya Anda juga mau mendapat nilai yang bagus dari pengemudi. Nilai ini akan diberikan bagi pelanggan baik itu yang baru pertama kali, atau yang sudah lama, bahkan yang hanya menggunakan aplikasi Uber satu kali saja. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa membuat Anda tetap berada di dekat nilai sempurna 5.0.

1. Jangan memaksa pengemudi
Jika Anda memiliki jalur yang lebih cepat dari GPS, bisa memberitahukan pada pengemudi dan jangan terlalu memaksa. Jangan juga pernah meminta turun di tempat yang tidak diperbolehkan atau menggunakan jalur yang bukan semestinya.

2. Bersiap sebelum pengemudi datang
Jangan buat pengemudi menunggu lama, jika memang pengemudi harus menunggu Anda jangan lebih dari lima menit. Ini akan membuat rating yang diberikan pengemudi turun untuk Anda.

3. Jangan mengotori mobil dan muntah
Saat berada di dalam mobil, jangan buang sampah Anda di jok atau sela-sela pintu. Karena akan membuat kotor mobil. Jika tidak di sediakan tempat sampah baiknya simpan sampah Anda dan buang ke tempat sampah setelah turun dari mobil. Di luar negeri, jika Anda muntah di dalam mobil Uber, penumpang akan dikenakan biaya pembersihan dan bisa saja hanya mendapat bintang satu dari pengemudi.

4. Hal kecil
Baiknya tidak membawa makanan yang berbau menyengat ke dalam mobil, tidak membanting pintu dan berisik atau gaduh dalam mobil. Hal ini bisa membuat pengemudi akan mengurangi pemberian bintang kepada Anda.

5. Beri bintang 5 untuk mendapatkannya
Cara mudah untuk mendapat bintang lima adalah Anda juga memberikan bintang lima pada pengemudi. Hal ini cukup terbukti karena biasanya pengemudi seperti timbal balik memberikan penilaian yang baik.

6. Tip untuk pengemudi
Tidak ada kewajiban untuk memberikan  tips, tetapi memberikan sedikit tips dengan sopan, akan membuat pengemudi merasa dihargai.

Baca juga: Uber Tak Lagi Ilegal di Uni Eropa, Indonesia Kapan Bisa Terapkan Aturan Serupa?

7. Periksa lokasi penjamputan
Biasanya maps atau tujuan penjemputan ini tidak akurat, sehingga penumpang harus memasukkan alamat dengan benar atau menghubungi pengemudi untuk menjelaskan titik akurat lokasi Anda.

8. Bersikap sopan
Sebagai seorang penumpang, perlakuan sopan akan membuat pengemudi senang. Memberi rating bagi pengemudi, tidak sembrono di dalam mobil atau tidak membuat keributan. Sikap seperti ini sangat disukai pengemudi. Biasanya pengemudi akan memberi bintang lima jika Anda bersikap sopan selama perjalanan ke tujuan.