7 Tips Belanja Indah di Bandara Changi

kartu miles belnajda di bandara Changi Singapura (nowboarding.changiairport.com)

Identik sebagai surga belanja, Singapura sejak dua dekade silam begitu menggebu memoles Bandara Changi sebagai salah satu Airport Mall terbaik di Dunia. Apa yang diharapkan boleh dibilang berhasil, mulai dari pengunjung, calon penumpang, sampai penumpang transit, begitu menikmati Changi dengan beragam fasilitasnya yang lengkap dan modern. Termasuk dalam fasilitas di Changi adalah bertaburnya etalase belanja barang dan kuliner di setiap terminal.

Baca juga: Dengan Canopy Park, Bandara Changi Siapkan Atraksi Spektakuler

Meski belum ada survei tentang perilaku berbelanja di Changi, namun beragam hal menarik yang ada di Changi tak sulit untuk ‘memaksa’ Anda untuk membelanjakan dollar sesaat setelah mendarat, atai sebelum keberangkatan pesawat. Walau cenderung menguras kocek, tapi berikut ini ada tips untuk menghemat belanja saat berada di Changi. Dirangkum KabarPenumpang.com dari nowboarding.changiairport.com, ada tujuh tips untuk membuat belanja Anda lebih irit di bandara Changi Singapura.

1. Mall terbesar di Singapura
Bandara Changi merupakan mall terbesar di negara berlambang Merlion ini. Hal ini dikarenakan, ada 360 gerai ritel dan 140 pilihan tempat untuk bersantap (restoran). Dengan ramainya ini karena banyak pelancong yang berada di bandara Changi merupakan pelancong internasional dan semua gerai ritel di bandara ini di isi dengan merek-merek terkenal dengan perancang kelas atas. Tak hanya itu, ketiga terminal di bandara Changi terhubung dengan Skytrain dan Anda bisa berbelanja sampai puas dan mungkin uang yang dibawa pun bisa saja langsung menipis karena khilaf berbelanja.

2. Lebih murah
Setiap pengunjung selalu berpikir berbelanja di bandara itu mahal, padahal di Changi barang yang dijual tidaklah semahal di toko pusat kota. Ini dikarenakan berkat penghematan GST dan rata-rata harga lebih murah tujuh persen dari harga normal. Untuk barang-barang mewah dan besar seperti tas, perhiasan, jam tangan hingga barang elektronik memberikan harga yang tetap misalnya biasa di jual di toko S$2500 bisa menghemat hingga S$175. Untuk kosmetik, parfum, minuman beralkohol hingga tembakau (rokok) justru bebas bea dan harga normal. Khusus produk kecantikan atau alat kosmetik harga bisa lebih murah 40 persen dibanding beli di pusat kota. Harga yang dipasarkan di Changi tidak diizinkan untuk lebih tinggi dari harga di pusat kota Singapura.

3. Bisa jadi jutawan
Kalau belanja di tempat lain bisa membuat Anda buntung, justru di Changi, Anda akan bisa menjadi jutawan. Sebab, sejak tahun 2010 lalu, selalu diadakan pengundian belanja dengan hadiah utama S$1 juta. Selama ini sudah ada pemenang dari Singapura, Australia, Indonesia, Jepang dan Inggris. Untuk mendapatkan hadiah ini mulai dari pembelian sebotol parfum hingga ke DSLR. Dengan hadiah sebesar ini, mengubah kehidupan penumpang ketujuh pada awal 2017.

Pemenang S$1 juta (nowboarding.changiairport.com)

4. Miles untuk pengunjung
Bila Anda adalah pelancong yang sering mendatangi bandara Changi dan juga rajin berbelanja, baiknya buat kartu member. Dengan kartu member ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan seperi poin yang bisa ditukarkan dengan voucher Changi dolar yang bisa untuk berbelanja di bandara. Ada tiga tingkatan anggota miles bandara Changi yakni Platinum, Gold dan Member biasa dengan hak yang istimewa bagi masing-masing pemegang kartu.

5. Pemburu Souvenir bisa belanja disni
Para pengoleksi souvenir atau hanya membeli untuk buah tangan, di sini lengkap tersedia. Selain itu untuk makanan juga komplit berada di jantung budaya Singapura. Pelancong yang sudah merasakan makanan asli Singapura pasti akan membawa beberapa sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman. Bandara Changi memberikan berbagai macam souvenir makanan yang bisa Anda bawa pulang seperti Kue berlapis dari Bengawan Solo, Selai Kelapa dari Ya Kun Kaya Toast Family Cafe, Daging panggang dari Bee Cheng Hiang dan beberapa masakan pasta lainnya.

6. Belanja online
Bila Anda merasa repot berpindah dari terminal satu ke terminal lainnya di Changi, Anda bisa berebelanja secara online. Apalagi untuk Anda yang tidak memiliki waktu banyak alias mepet dengan waktu keberangkatan. dengan berbelanja di iShopChangi, dari barang elektronik hingga aksesoris mode, cokelat dan produk kecantikan. Selain itu bisa mengakses lebih dari 400 merek da 6000 produk melalui portal belanja ini. Anda bisa melakukan pembelanjaan dua minggu hingga 18 jam sebelum keberangkattan menggunakan iShopChangi ini. Jangan lupa pilih lokasi pengambilan barang Anda di terminal tujuan agar lebih mudah dan nyaman.

Baca juga: Mengenal Skytrain di Changi, Benchmark APMS di Bandara Soekarno-Hatta

7. Navigasi rute belanja
Jika Anda menilai efisiensi pada poin-poin di atas adalah kebetulan, lihatlah direktori toko bandara sebelumnya, dan rencanakan rute belanja Anda untuk memaksimalkan waktu Anda. Untuk ini, Anda dapat menggunakan aplikasi iChangi untuk pelancong, untuk memetakan rute Anda di seluruh bandara.

Dapatkan semua pembaruan pada waktu penerbangan, peta terminal dan indeks belanja dan makan di ujung jari Anda. Anda dapat memilih untuk menerima pemberitahuan penerbangan dan tidak akan terlambat untuk menelepon lagi. Jika Anda lebih menyukai layanan yang lebih personal, hubungi loket informasi dan mintalah layanan concierge belanja, yang bisa memberikan tip dan rekomendasi berguna berdasarkan kebutuhan Anda. Ingatlah untuk check in lebih awal saat Anda mengunjungi Changi untuk mendapatkan penawaran terbaik.