Tips, Antisipasi Bau Badan Saat Berlibur di Musim Panas

Ilustrasi bau badan

Ada perbedaan yang mendasar antara liburan di musim dingin dan liburan musim panas. Untuk liburan musim panas, berkah cuaca cerah dan hangatnya sinar matahari bisa Anda rasakan di sepanjang hari. Tapi perlu dicatat, menikmati liburan musim panas juga membawa konsekuensi tersendiri, terlebih bila liburan musim panas Anda di daerah yang punya karakter panas esktrem.

Baca juga: Mau Berlibur ke Istanbul? Baca Dulu Beberapa Tips Berikut Ini!

Dengan hawa panas yang ekstra, otomatis tubuh lebih cepat mengeluarkan keringat. Umumnya kerigat memang tidak berbau, tapi jika melekat di kulit selama beberapa jam dapat menimbulkan masalah yang namanya bau badan. Bau badan terjadi karena kegiatan bakteri-bakteri yang hidup secara alamiah di permukaan kulit. Bakteri-bakteri itu cepat berkembang biak ketika keringat muncul. Kelenjar keringat diproduksi oleh kelenjar apokrin.

KabarPenumpang.com merangkum dari laman gulfnews.com (20/2/2018), ada beberapa tips yang bisa dilakukan pelancong untuk menghilangkan bau badan saat berada di lokasi yang punya panas ekstra, seperti pantai dan wilayah gurun. Simak beberapa tips dibawah ini.

1. Mandi setiap hari
Jika Anda sebagai pelancong yang jarang mandi atau bisa dikatakan mandi sehari satu kali. Ubah kebiasaan tersebut, sebab dengan mandi saat akan berangkat berjalan-jalan dan mandi sebelum beristirahat menjauhkan Anda dari bau badan. Saat mandi, bersihkan tubuh Anda menggunakan spons dan sabun, gosok semua lipatan di belakang telinga, leher dan punggung. Jangan lupakan bagian yang sering berkeringat seperti ketiak dan kaki. Gunakan selalu handuk yang kering dan jangan yang lembab. Sebab handuk lembab dapat menambah bakteri dan meninggalkan bau tidak sedap di kulit Anda.

2. Parfum atau body lotion
Selesai mandi gunakan body lotion untuk mencegah kulit dehidrasi karena panasnya cuaca di UEA. Selain untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, body lotion juga membantu membuat tubuh lebih segar dan wangi. Jika menggunakan parfum, semprot di titik nadi untuk harum yang lebih lama sedikit dari biasanya.

3. Deodoran
Deodoran bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bau badan. Baiknya oleskan deodoran di ketiak ketika tubuh benar-benar sudah kering. Gunakan setengah jam sebelum Anda keluar rumah dan jika memiliki keringat yang cukup banyak.

4. Perhatikan makanan yang dimakan
Makanan yang dimakan bisa berpengaruh ke bau badan Anda. Jika makan bawang maka tubuh akan mengeluarkan bau yang sama dengan bawang. Minuman dan daging juga berpengaruh pada bau badan Anda. Perubahan bau badan tidak akan terlalu tercium oleh Anda tetapi teman atau orang didekat Anda bisa menciumnya. Aroma tidak enak dari tubuh Anda bisa berlangsung selama 24 sampai 48 jam. Baiknya makanan yang dimakan harus seimbang dan sertakan sayur, ikan dan protein yang cukup dalam makanan. Tidak lupa juga konsumsi buah-buahan untuk menyegarkan tubuh.

5. Bau mulut
Yang satu ini masalah paling menyebalkan dan bisa membuat orang lain menjauh dari Anda. Memang tidak berbahaya tetapi bau mulut sama tidak enaknya dengan bau badan. Biasanya penyebab bau mulut sendiri dikarenakan makanan tertentu, gigi berlubang, rokok atau asam lambung yang sedang naik. Kurang minum juga bisa menyebabkan bau mulut apalagi jika berada di negara yang sedang musim panas. Baiknya sikat gigi dan bersihkan lidah Anda jangan lupa juga cukup minum air putih. Karena 80 persen bakteri mulut berada di lidah.

6. Ganti pakaian tiap hari
Jangan menggunakan pakaian yang sama selama dua hari. Ini bisa membuat tubuh bau karena bakteri yang bersarang di pakaian. Jadi baiknya ganti pakaian dalam, kaus kaki, bahkan baju yang Anda gunakan setiap hari. Tetapi jika ingin menggunakannya dua kali baiknya jemur pakaian Anda dan jangan diletakkan di dalam lemari.

7. Kaki bau
Jangan salah, kaki Anda juga bisa bau. Apalagi jika seharian tertutup kaus kaki dan sepatu. Kelenjar keringat di bagian kaki juga akan bekereja dan mengeluarkan kerigat. Ini membuat lembab dan bakteri penyebab kaki bau menyerang. Agar tak bau kaki, baiknya bebaskan kaki Anda dari sepatu dan kaus kaki yang menutupi. Biarkan kaki memiliki ruang untuk beristirahat. Bila selesai mandi juga jangan lupa keringkan sela-sela jari kaki.

Baca juga: Tips Kemas Barang Saat Melancong dengan Koper Kecil

8. Pakai shampo
Cuaca panas, bukan hanya membuat tubuh dan kaki yang berkeringat. Tapi bagian mahkota kepala alias rambut juga ikut berkeringat dan bakteri yang menempael bisa menyebabkan bau apek di rambut. Anda sebenarnya tidak perlu keramas tiap hari, tetapi jika kulit kepala sudah mulai berminyak dan rambut lepek, segera cuci dan bersihkan agar kembali segar. Bisa gunakan parfum tapi jangan langsung kerambut melainkan ke sikat atau sisir.