Sekedar Ingin Meregangkan Tubuh, Model dan Pelatih Yoga Terpaksa Turun dari Pesawat

Jen Selter (Yahoo)

Seorang model yang juga pelatih yoga asal Amerika Seriktat, Jen Selter dan saudaranya terpaksa diturunkan dari sebuah penerbangan. Wanita berusia 24 tahun dengan tubuh seksi ini diturunkan dari pesawat karenakan dirinya mencoba berdiri dan berbaring di lorong kabin pesawat American Airlines.

Baca juga: Terbang Nonstop Lebih dari 16 Jam, Ini Yang Mungkin Terjadi Pada Anda

KabarPenumpang.com melansir dari laman paddleyourownkanoo.com (29/1/2018), bahwa saat itu Selter berdebat dengan awak kabin dan pilot pesawat tersebut. Kemudian anggota keamanan juga mendatangi dirinya untuk membawa Selter dan saudara perempuannya turun dari pesawat.

Diketahui, sebelum Selter dan saudaranya diturunkan dari pesawat, pada penerbangan American Airlines dari Miami ke New York pada Sabtu 27 Januari 2018 telah tertunda selama 90 menit. Penundaan penerbangan ini terjadi dikarenakan ada masalah teknis.

Saat itu sebenarnya Selter hanya ingin meregangkan tubuhnya dengan gerakan yoga. Dia berdiri dan meraih sesuatu di kompartemen atas setelah sebelumnya ada penumpang yang diizinkan ke toilet akibat penundaan penerbangan tersebut. Namun, awak kabin yang melihat itu meminta Selter untuk kembali duduk dan pertengkaran terjadi. Seorang awak kabin kemudian bertanya apakah Selter ingin turun dari pesawat, Selter menjawab ya.

Selter mengatakan, pertanyaan tersebut seperti menyindir dirinya. Kemudian turun bersama anggota keamanan dan menawarkan akomodasi namun ditolak. Bahkan ada penumpang lain yang akhirnya ikut turun dengan dirinya karena menganggap perlakuan kepada Selter dan saudaranya adalah hal yang tak pantas.

Sebenarnya, masalah yang terjadi terbilang sepele, dimana seorang penumpang hanya ingin meregangkan otot karena lelah duduk menunggu. Mungkin untuk awak kabin dan yang lainnya ini adalah hal yang bisa diterima dengan mudah. Tahun 2013 lalu kebijakan yoga dalam penerbangan bisa menjadi satu pilihan peregangan tubuh termasuk dalam menghindari Deep Vain Thrombosis (DVT).

Bahkan ada buku yang menuliskan tentang yoga di dalam pesawat dan tidak heran pose yoga ekstrem bisa terlihat di beberapa tempat dalam kabin. Bisa dikatakan melakukan yoga dalam pesawat semakin populer belakangan ini.

Diketahui, saat ini penerbangan yang berbasis di Amerika Serikat bermasalah dengan keputusan yoga dalam kabin, tetapi tidak untuk Cathay Pasific yang memutuskan untuk merangkul tren tersebut. Cathay bekerja sama dengan Pure Yoga mengembangkan serangkaian video yang bisa diikuti penumpang di monitor tempat duduk mereka. Cathay mengatakan, ada enam video yang mudah diikuti dan dibuat untuk dilakukan di kursi.

Baca juga: Lakukan Olahraga Selama Perjalanan, Hindari Keram dan Bantu Bakar Kalori

“Kita semua tahu, bahwa duduk dalam jangka panjang dan waktu yang lama bisa membuat tidak nyaman. Kebutuhan untuk bangun, bergerak dan memperlancar aliran darah dalam tubuh sangat penting selama penerbangan. Yoga adalah cara baru untuk melakukannya,” jelas Simon Cuthbert yang bekerja di departemen hiburan dalam penerbangan Cathay.