Jelang Pensiun, JR West Pamerkan Kereta Peluru Tematik, Shinkansen 500 EVA “Evangelion”

Sumber: Youtube.com

Bagi Anda para pecinta film anime, mungkin Anda tidak asing lagi dengan serial kartun Neon Genesis Evangelion. Film hasil garapan rumah produksi Gainax and Tatsunoko ini berkisah tentang interaksi seorang remaja bernama Shinji Ikari dengan makhluk bio mekanis bernama EVA. Shinji dituntut agar mampu mengendalikan EVA, yang merupakan satu-satunya senjata untuk melawan kedigdayaan musuh bernama Angel.

Baca Juga: Dari Rusia Hingga Singapura, Inilah Deretan Kereta Tematik Unik dari Seluruh Dunia!

Namun, yang kali ini akan kami bahas di sini bukanlah tentang film Neon Genesis Evangelion, melainkan sebuah kereta Shinkansen di Jepang yang bertemakan Evangelion. Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman crunchyroll.com (28/1/2018), kereta peluru Shinkansen Type 500 EVA yang bertemakan Evangelion ini pertama dipamerkan ke hadapan publik pada tahun 2015 kemarin. Tak ayal, banyak pecinta kereta dan anime yang terperangah dengan kehadiran kereta yang dikelola oleh West Japan Railway Co. (JR West) ini.

Pada awalnya, kereta tematik ini hanya akan beroperasi dari November 2015 hingga musim semi 2016, tujuannya semata-mata hanya untuk promosi franchise. Namun di akhir masa pengoperasiannya, sang operator melihat kesuksesan besar-besaran dari kampanye ini dan mereka memutuskan untuk memperpanjang masa pengoperasian dari Shinkansen Type 500 EVA ini selama kurun waktu 18 bulan ke depan. Ramainya penumpang dari kereta yang mengular dari Hakata menuju Shin-Osaka ini menjadi tolak ukur operator apakah kereta ini meraih kesuksesan apa tidak.

Jika dihitung-hitung, masa pengoperasian kereta bernuansa ungu khas film kartun Neon Genesis Evangelion ini akan mengakhiri masa pengabdiannya pada musim semi tahun 2018 ini, tepatnya pada tanggal 13 Mei mendatang. Sebelum mengakhiri masa tugasnya, pihak Kyoto Railway Museum akan mengadakan pameran terhadap Shinkansen Type 500 EVA ini, yang dibuka tanggal 24 Februari hingga 7 Mei 2018 atau seminggu sebelum kereta ini  memasuki masa pensiunnya.

Untuk bisa menikmati kereta ini untuk yang terakhir kalinya, pengunjung akan dikenai biaya 1.200 yen (sekitar Rp154.000) untuk dewasa, 1.000 yen (sekitar Rp128.000) untuk mahasiswa dan pelajar SMA, 500 yen (Rp64.000) untuk pelajar SMP, dan 200 yen (sekitar Rp26.000) untuk pelajar sekolah dasar.

Baca Juga: “Pokemon with You Train,” Kereta Tematik Pelipur Duka Anak-Anak Korban Gempa Jepang

Desain hidung kereta yang runcing, dengan balutan warna ungu yang identik dengan robot EVA-01 ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kereta dan anime di Jepang. Kegilaan mereka akan dua hal tersebut seolah terjawab sudah dengan hadirnya Shinkansen Type 500 EVA, walaupun sebentar lagi mereka akan merasa kehilangan karena masa operasi kereta ini hanya tinggal menghitung hari saja.

Selain desainnya yang unik, Shinkansen Type 500 EVA ini juga  dinobatkan sebagai kereta penumpang pertama di Jepang yang beroperasi dengan kecepatan maksimum 300 kilometer per jam.