Sedia Payung Sebelum Hujan, Sedia “OneUp” Sebelum Tenggelam!

Sumber: newatlas.com

Sebagai salah satu instrumen keselamatan wajib di pesawat terbang dan kapal laut, pelampung menjelma menjadi barang yang wajib ada di setiap pengoperasiannya. Lalu, apa jadinya jika instrumen keselamatan ini terkontaminasi oleh perkembangan jaman dan kemajuan teknologi? Akankah semakin memudahkan para penggunanya atau malah sebaliknya?

Baca Juga: Tampomas II, Ingatkan Tragedi di Perairan Masalembo

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (5/4/2018), adalah OneUp, sebuah pelampung yang menawarkan berbagai kelebihan kepada para penggunanya. Jika selama ini pelampung yang kita lihat di setiap penerbangan berupa rompi yang dilengkapi dengan peluit, maka inovasi yang dihadirkan oleh OneUp ini jauh lebih sederhana dan mudah digunakan.

OneUp sendiri memiliki bentuk layaknya sebuah neck pillow yang dikemas dalam bentuk seperti kaleng minuman bersoda. Kelebihan dari salah satu instrumen keselamatan ini adalah fleksibilitasnya ketika tidak di gunakan. Seperti yang sudah disinggung di atas, ketika tidak digunakan, OneUp hanyalah memiliki berbentuk seperti kaleng minuman bersoda. Dengan panjang 172mm, dan berat 363 gram, maka dapat dipastikan OneUp mudah dibawa kemana-mana.

Sumber: newatlas.com

Selain fleksibilitasnya ketika tidak digunakan, adapun kelebihan lain dari subjek kampanye sebuah situs web crowdfunding internasional yang bermasrkas di California, Indiegogo, adalah kemampuannya untuk mengembang secara otomatis ketika menghentak permukaan air. Ya, ini merupakan nilai jual tinggi dari OneUp. Ketika OneUp yang masih berbentuk seperti kaleng minuman bersoda tersebut dilemparkan ke permukaan air, maka pelampung inovatif ini hanya membutuhkan waktu dua detik untuk mengembang secara otomatis.

Baca Juga: Tuas Rem Darurat, Instrumen Keselamatan di Kereta Yang Bisa Datangkan Masalah Baru. Kok Bisa?

Setelah mengembang, pelampung ini bisa menahan seseorang dengan berat hingga 150kg. “Ide ini muncul karena sebuah penelitian menyebutkan bahwa ada hampir 50 orang meninggal setiap jamnya karena tenggelam,” tulis OneUp di laman resminya.

Jika sudah digunakan, pelampung inovatif ini bisa dilipat dan dimasukkan kembali ke dalam tabung untuk pemakaian selanjutnya, keren bukan? Jika Anda tertarik untuk memiliki pelampung inovatif ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar US$49 atau yang setara dengan Rp674 ribu saja, harga yang pantas untuk sebuah instrumen keselamatan yang inovatif, bukan?