Sering Naik Kereta Api? Ini Dia Posisi yang Paling Aman Bagi Penumpang

Sumber: nusakini.com

Jika Anda tengah membeli tiket kereta api di sebuah laman online ticketing, coba perhatikan pembagian subclass yang ada. Pada artikel sebelumnya, telah dijabarkan mengenai definisi dan macam-macam subclass yang ada pada si ular besi ini. Nah, kali ini, saatnya Anda untuk mengetahui posisi bangku mana yang kira-kira menyajikan tingkat keamanan paling tinggi selama Anda berkendara menggunakan kereta api.

Baca Juga: Satu Layanan Bisa Beda Tarif, Kenali Sub Class di Kereta Api

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, ada beberapa titik yang dianggap paling aman atau dapat meredam tingkat fatalitas ketika kereta mengalami kecelakaan. Secara ilmiah, kecelakaan kereta dapat terjadi dari dua titik saja, yaitu dari depan atau dari belakang. Maka dari itu, gerbong tengah muncul sebagai titik paling aman jika sebuah kereta mengalami kecelakaan.

Usahakan untuk mendapatkan posisi ini jika Anda ingin mendapatkan tingkat keamanan lebih ketika berkendara menggunakan kereta api. Jika gerbong tengah sudah terisi penuh oleh penumpang, maka satu gerbong di belakang gerbong tengah menajdi opsi lain yang bisa Anda pilih.

Seorang peneliti sekaligus asisten profesor teknik industri dan sistem di University of Southern California, Greg Placencia mengatakan bahwa ada alasan sederhana mengapa gerbong tengah dianggap sebagai gerbong paling aman dari satu rangkaian kereta api.

“Sangat sederhana. Banyak kecelakaan (kereta api) datang dari depan, sehingga gerbong pertama dan kedua merupakan gerbong yang terdampak paling parah. Sementara itu beberapa kecelakaan datang dari belakang, tapi hal ini tidak terlalu umum, atau bisa dibilang jarang terjadi,” papar Greg. “Sedangkan untuk gerbong yang ada di tengah rangkaian merupakan gerbong yang paing minim terdampak kerusakan jika terjadi kecelakaan,” imbuhnya.

Lalu bagaimana jika gerbong tengah dan gerbong-gerbong di sekelilingnya sudah penuh? Greg memaparkan bahwa ada satu tips yang ia lakukan ketika tengah berkendara menggunakan si ular besi ini.

“Secara pribadi, saya lebih senang duduk membelakangi laju kereta, karena di kebanyakan kasus, Anda akan terdorong ke depan (jika duduk searah laju kereta) semisal kereta melakukan pengereman darurat,” terangnya. “Hal tersebut tidak lepas dari teori fisika dasar,” ujar Greg.

Baca Juga: Hendak Bepergian Naik Bus? Cek Dulu Bangku Yang Dinilai Paling Aman dan Nyaman!

Merujuk dari sumber lain, ada pula bangku yang menawarkan tingkat keamanan lebih ketika berada di dalam gerbong tengah. Usahakan untuk mendapatkan bangku di bagian tengah dari sebuah gerbong, karena masih berkaitan dengan penjelasan Greg sebelumnya, kemungkinan kecelakaan kereta hanya bersumber dari dua titik, yaitu bagian depan dan belakang.

Penjelasan Greg inilah yang akhirnya mendukung statemen bahwa bagian tengah dari sebuah gerbong menjadi titik paling aman jika sewaktu-waktu kereta mengalami kecelakaan.