Dilapis Ulang, Satu Landas Pacu di Bandara Dubai Bakal Ditutup 1,5 Bulan!

Bandara Internasional Dubai (The National)

Sebagai salah satu bandara tersibuk dan transit tersebesar di dunia, Bandara Internasional Dubai (DXB) akan menutup salah satu landasan pacunya selama kurang lebih selama satu setengah bulan atau 45 hari pada tahun 2019 mendatang. Adanya penutupan landasan pacu ini dilakukan untuk peningkatan yang komperhensif demi meningkatkan keamanan, pelayanan dan kapasitas.

Bacaa juga: Di Dubai Airshow 2017, Boom Technology Siap Goda Emirates dan Qatar Airways

Peningkatan komperhensif yang dilakukan pihak bandara Dubai yakni pelapisan ulang dan penggantian ground lighting. KabarPenumpang.com melansir dari laman whatson.ae (27/2/2018), landasan pacu yang akan di tutup adalah bagian selatan dan hanya landasan pacu utara yang nantinya akan berfungsi. Penutupan landasan pacu selatan ini akan dimulai pada 16 April 2019 hingga 30 Mei 2019 mendatang.

Nantinya selama masa penutupan salah satu landasan pacunya ini, maka penerbangan baik dari dan ke DXB akan dikurangi. Selain itu, pihak bandara Dubai juga telah mengumumkan kepada maskapai penerbangan untuk melakukan perencanaan pengurangan penerbangan dan perubahan jadwal sementara.

Tidak hanya maskapai, melainkan penumpak juga akan terdampak dari penutupan landasan pacu tersebut. Dimana penumpang akan melakukan perjalanannya melalui Dubai World Center (DWC) atau yang juga dikenal dengan Bandara Internasional Al Maktoum. DWC sendiri berada di Jebel Ali sekitar 60 km dari DXB.

CEO Bandara Internasional Dubai, Paul Griffiths mengatakan, dalam beberapa bulan kedepan pihaknya akan bekerja sama dengan Dubai Aviation Engineering Projects, perusahaan penerbangan dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan pihaknya megoptimalkan layanan dan kapasistas selama periode tahun depan dan meminimalkan dampaknya bagi pelanggan DXB.

“Meskipun kami menyesalkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh pelanggan dan penumpang kami, peningkatan ini mutlak diperlukan untuk meningkatkan keamanan, meningkatkan kapasitas dan membuka jalan bagi pertumbuhan di masa depan,” ujar Griffiths.

Baca juga: Etihad ESCO Retrofit Bandara Dubai dengan Energi Tenaga Surya

Diketahui, proyek pemugaran landasan pacu selatan akan melibatkan penempatan sekitar 60 ribu ton aspal dan beton delapan ribu meter kubik untuk memperkuat dan memasang kembali landasan pacu dan jalur taksi yang berdekatan. Bandara Dubai juga akan menggunakan kesempatan memasang 800 km kabel utama dan mengganti lebih dari 5.500 lampu landasan dengan teknologi yang lebih modern, ekonomi dan ramah lingkungan.