Etihad ESCO Retrofit Bandara Dubai dengan Energi Tenaga Surya

(Etihad ESCO)

Sebagai hub transit dari banyak maskapai internasional, bandara Internasional Dubai (DXB) di Uni Emirat Arab memang serba unggul dalam beragam fasilitas. Kabar terbaru malah menyebut Bandara Dubai akan dilengkapi sistem tenaga surya sebagai energi terbarukan yang ramah lingkungan. Pembaharuan atau retrofit energi ini akan dilakukan pihak bandara dengan mitra perusahaan layanan energi Etihad (Etihad ESCO) yang menggunakan basis panel PV (Photovoltaics).

Baca juga: Akuarium Virtual Pemindai Wajah Sapa Calon Penumpang di Bandara Dubai

KabarPenumpang.com melansir dari laman pv-tech.org (26/10/2017), berdasarkan kesepakatan keduanya baik antar Bandara Dubai dan Etihad ESCO yang dimiliki oleh Dubai Electricity and Water Authority (DEWA), maka solusi tenaga surya ini akan dipasang pada Terminal 1, 2 dan 3 Bandara Dubai. Tak hanya bandara, hotel milik bandara Dubai yang berada di Concourse B juga akan menggunakan teknologi PV solutions.

Pada praktik dan pengerjaannya, Etihad ESCO akan menawarkan dalam bentuk penghematan listrik dan air sekaligus solusi PV. Hal tersebut diharapkan kedepannya bisa membantu Bandara Dubai untuk menghemat konsumsi energi hingga 20 persen setiap tahun.

Wakil Ketua Dewan Energi dan Direktur Eksekutif Dubai dan CEO DEWA, HE Saeed Mohammed Al Tayer mengatakan, kesepakatan tersebut mendukung strategi pengelolaan side Dubai 2030 untuk mengurangi kebutuhan listrik dan air sebesar 30 persen di 2030 mendatang. Ini dilakukan dengan program seperti peraturan bangunan hijau.

Dimana segala sesuatu yang ada dan dihasilkan bandara seperti pendinginan distrik, air limbah yang diolah kembali, penghematan energi dan hal lainnya. Tak hanya itu, di bandara Dubai juga akan dipasang panel Photovoltaics di atap bandara untuk menghasilkan listrik dari tenaga surya.

“Kami senang bekerja sama dengan bandara Internasional Dubai dalam proyek strategis ini. Karena sejalan dengan tujuan kami untuk mengurangi emisi karbon,” ujar Al Tayer.

Etihad ESCO saat ini melakukan perkuatan lebih dari 30 ribu bangunan di Emirat di tahap pertama proyek pengelolaan energi dan efisiensi. Bandara Dubai sendiri telah memasang panel PV di Dubai International dan Dubai World Central.

Baca juga: Implementasi Modular Data Center Complex, Huawei Sokong Dubai Jadi “Smart Airport”

DEWA baru-baru ini juga meluncurkan sebuah perusahaan investasi baru yang berbasis di Silicon Valley, California, yang akan mengadakan litbang dan inovasi dalam keberlanjutan dan energi terbarukan di antara fokus teknologi energinya. Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup dan DEWA telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memasang kafilah surya di gedung Kementerian di Dubai.

“Ini mendukung Visi UEA 2021 untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dalam hal kualitas udara, mengurangi jejak karbon, dan meningkatkan ketergantungan pada energi bersih,” kata Al Tayer.