Changi Sabet Gelar Bandara Terbaik Dunia Enam Tahun Berturut

Mr Lee Seow Hiang, Chief Executive Officer of Changi Airport Group

Siapa yang tak kenal Singapura? Negara dengan maskot Merlion ini memiliki bandara yang cukup sibuk. Ya, Changi International Airport, menjadi salah satu hub transit banyak maskapai baik ke dan dari Eropa maupun Amerika. Bahkan ke sekitaran Asia pun, Changi juga menjadi salah satu tempat transit pesawat milik maskapai dunia.

Baca juga: Demi Pembangunan Terminal 5, Bandara Changi Kutip Pajak Hingga S$15 Per Penumpang

Bandara Changi kali ini kembali menyabet gelar enam kali berturut-turut sebagai Bandara Terbaik Dunia pilihan pelancong dalam 2018 World Airports Awards yang diadakan oleh Skytrax. Ini juga menjadi sebuah sejarah dimana untuk pertama kalinya sebuah bandara memenangkan penghargaan prestisiuns tersebut selama enam tahun berturut-turut.

Bukan hanya sebagai bandara terbaik dunia, Changi juga menyabet gelar Bandara dengan Kenyamanan Fasilitas Terbaik. Acara pemilihan ini diadakan di Passenger Terminal EXPO di Stockholm, Swedia 21 Maret 2018 kemarin.

“Terpilih sebagai Bandara Terbau dunia enam tahun berturut-turut adalah sebuah pencapaian luar biasa bagi Bandara Changi Singapura, serta merupakan bukti akan popularitas Bandara Changi diantara para pelancong udara. Bandara Changi sangat fokus dalam membuat pengalaman bepergian di bandara menjadi nyaman dan praktis, dan terus berinovasi dengan produk dan layanan baru. Dinobatkan sebagai ‘Bandar Udara Terbaik di Dunia’ merupakan pengakuan bagi seluruh anggota staf di bandara yang berkontribusi pada kesuksesan Bandara Changi,” kata Edward Plaisted, CEO of Skytrax yang dikutip KabarPenumpang.com dari siaran pers (22/3/2018).

Chief Executive Officer of Changi Airport Group Lee Seow Hiang mengatakan, pihaknya bangga dinobatkan sebagai Bandara Terbaik Skytrax selama enam tahun berturut-turut. Ini adalah pencapaian yang berarti bagi bandara Changi dan mendorong pihaknya untuk terus memberikan pengalaman terbaik bagi para pengunjung yang bepergian melalui Changi.

Bandara Changi sendiri berada di urutan pertama melewati bandara Incheon Seoul di urutan kedua, Tokyo Haneda di urutan ketiga. Urutan keempat ada Hongkong, Doha Hamad urutan kelima, Munich keenam, Centrair Nagoya di urutan ketujuh. Urutan kedelapan ada bandara Heathrow London, Zurich kesembilan dan yang terakhir bandara Frankfurt.

Dengan menjadi Bandara Terbaik Dunia, Kenyamanan Fasilitas Terbaik Dunia dan Bandara Terbaik di Asia, bandara Changi sendiri sudah memiliki Terminal 4 dan memperbaiki beberapa bagian di Terminal 1 di tahun 2017 kemarin. Sedangkan di tahun 2019 mendatang, Changi akan membuka Jewel Changi Changi Airport.

Baca juga: Dalam Jumlah Pergerakan Penumpang, Bandara Soekarno-Hatta Unggul Tipis dari Changi

Ini merupakan komplek ikonik yang diperuntukkan bagi banyak hal dan dilengkapi dengan destinasi hiburan tingkat dunia. Jewel Changi Airport sendiri dihadirkan untuk meningkatkan jumlah pelancong serta daya tarik Singapura sebagai salah satu destinasi.

Tak hanya itu, Changi juga tengah mencoba untuk menambah terminalnya satu lagi yakni Terminal 5 yang saat ini dalam pencanangan. Diketahui, tahun 2017, lebih dari 62,2 juta penumpang melalui hub salah satu Hub terbesar di Asia ini. Changi sendiri menjadi urutan keenam bandara tersibuk di dunia.