Boeing 737 Sabet Predikat Sebagai Pesawat Terlaris Sepanjang Sejarah Aviasi Global

Sumber: GTA5-Mods.com

Apa yang terlintas pertama kali di benak Anda ketika ditanya soal pesawat yang paling banyak diproduksi hingga saat ini? Mungkin sebagian besar dari Anda akan menjawab salah satu produksian dari Boeing atau Airbus. Namun sayang sekali, bagi Anda yang menjawab Airbus, jawaban Anda kurang tepat karena tercatat hingga saat ini, salah satu armada dari Boeing masih merajai kategori pesawat yang paling banyak diproduksi sepanjang sejarah dunia aviasi global.

Baca Juga: Beberapa Hal Yang Terlupakan dari Nama Besar Boeing

Belum ada satupun manufaktur pesawat yang bisa menyaingi kedigdayaan Boeing dalam urusan kuantitas produksi. Dikutip KabarPenumpang.com dari laman telegraph.co.uk (19/3/2018), Boeing 737-lah yang hingga saat ini bercokol di urutan pertama pesawat yang paling banyak diproduksi di dunia, dengan total 10.000 pesawat!

Dengan nilai tersebut, Boeing 737 secara otomatis sudah mengalahkan sejumlah armada penerbangan ternama lainnya, seperti keluarga Airbus A320, Airbus A330, McDonnell Douglas MD-80, hingga Bombardier CRJ200. Boeing 737 sendiri pun memiliki beberapa varian, sebut saja Boeing 737-100, 737-200, 737-300, hingga beberapa yang paling baru seperti Boeing 737 Next Generation, Boeing 737 MAX, dan lain-lain.

Nah, sebagai generasi pertama dari keluarga Boeing 737, adalah Lufthansa, salah satu maskapai raksasa asal Negeri Bavaria, Jerman yang menjadi pelanggan pertama dari pesawat ini. Kala itu, Boeing 737-100 yang dipesan Lufthansa baru bisa menerbangkan 100 penumpang saja dalam sekali perjalanannya. Alhasil, 30 armada Boeing 737-100 berhasil dipasangkan livery Lufthansa. Walaupun tidak terlalu banyak, namun angka tersebut merupakan cikal bakal kesuksesan pesawat ini di masa yang akan datang.

Sumber: airportspotting.com

Untuk saat ini, Boeing 737-100 memang sudah tidak beroperasi lagi, mengingat teknologinya yang sudah tidak berterima dengan perkembangan jaman dewasa ini. Tapi jika Anda hendak melihat pesawat berjuluk ‘Baby Boeing’ ini, Anda bisa mengunjungi Seattle’s Museum of Flight yang berada di Amerika.

Baca Juga: Boeing 737 MAX 7, Pecahkan Rekor Internal Penjualan Pesawat Tercepat Sepanjang Sejarah!

Sementara untuk generasi selanjutnya, seperti Boeing 737-200 dan lain-lain, Anda masih bisa melihatnya mengudara, walaupun jumlahnya sudah tidak terlalu banyak. Ternyata, kecilnya persentase kecelakaan dari keluarga Boeing 737-lah yang akhirnya menjawab pertanyaan, “Mengapa Boeing 737 menjadi pesawat paling sukses di dunia aviasi?”.

Dari jutaan penerbangan yang sudah dilakukan oleh generasi awal dari pesawat ini, tercatat hanya 0,89 persen kecelakaan fatal yang pernah terjadi. Didasarkan pada awalan yang sangat baik, maka bukan suatu hal yang sulit bagi Boeing untuk tetap melanjutkan tren positif mereka di generasi-generasi selanjutnya.