The Robird Drone, Robot Penangkal Bird Strike di Bandara Edmonton

The Robird Drone. Sumber: globalnews.ca

Demi mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi di dunia aviasi, khususnya yang diakibatkan oleh bird strike pihak Bandara Internasional Edmonton menghadirkan sebuah robot yang diprogram khusus untuk mengusir para burung liar yang berada di sekitaran landas pacu bandara yang terletak di Alberta, Kanada tersebut. Teknologi ini menjadi pionir setelah sebelumnya belum ada yang menggunakan The Robird Drone, nama robot ini, dalam usaha meminimalisir angka kecelakaan di sekitaran landas pacu.

Baca juga: Bird Strike! Masih Jadi Momok Menakutkan dalam Dunia Penerbangan

KabarPenumpang.com mewartakan dari edmontonjournal.com (19/6/2017), adapun bentuk dari The Robird Drone ini menyerupai Elang Peregrine, yang dimaksudkan untuk menakut-nakuti burung dalam kelompok besar seperti burung camar dan angsa. Kehadiran The Robird Drone ini dinilai vital lantaran Alberta Aerospace and Technology Center dan Aerium Analytics tengah fokus untuk mengembangkan teknologi pesawat tanpa awak

Managing Director dari Aerium Analytics, Jordan Cicoria mengatakan keberadaan burung-burung tersebut dapat membahayakan penerbangan komersial. Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan Senin (19/6/2017), lebih lanjut Jordan menyampaikan fungsi lain dari The Robird Drone ini. “Robot ini juga dapat mencegah burung masuk ke oilsand tailings ponds, tempat pembuangan sampah, dan turbin angin,” jelasnya.

“Tidak hanya mencegah terjadinya kecelakaan, kehadiran The Robird Drone ini juga dapat membantu melindungi burung-burung tersebut dari bahaya dengan cara tidak mematikannya, melainkan hanya mengusirnya,” terang Jordan. The Robirds Drone ini dirancang oleh Clear Flight Solutions yang bermarkas di Belanda, yang merupakan satu-satunya produsen komersial dari drone jenis ini. Hingga saat ini, baru ada sekitar empat robot burung yang beroperasi di Edmonton, sedangkan Clear Flight Solutions masih terus memproduksi mahakaryanya untuk sesegera mungkin dipasarkan.

Baca Juga: Kembangkan Teknologi Autopilot, Boeing Tawarkan Self Flying Plane

Justin Quesnel, seorang dari Aerium Analytics lalu menjadi “pilot” pertama yang menerbangkan The Robird Drone bersama dengan Ramon Wind dari Clear Flight Solutions dalam sebuah demonstrasi uji coba. Justin kemudian melemparkan The Robird Drone ke udara dan mulai mengendalikannya menggunakan sebuah remot. Di bawah kendali Justin, The Robird Drone akan terbang berpatroli di udara. Rencananya, per bulan Juli tahun ini, Justin akan memberikan pengarahan kepada petugas yang berada di bandara yang hampir setiap hari menerbangkan pesawat tanpa awak tersebut.

Myron Keehn, wakil presiden pengembangan komersial bandara Edmonton mengatakan bahwa teknologi tersebut menambahkan lapisan pada keselamatan penerbangan. “Bukan berarti kita punya masalah; Itu hanya bagaimana kita bisa meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik dan terus membaik, “Tutur Myron dikutip dari sumber yang sama. Lebih lanjut, Myron juga mengatakan dengan kehadiran teknologi semacam ini menandakan adanya pemikiran yang cerdas untuk mencoba suatu hal yang baru yang akan berdampak pada pengingkatan pelayanan.

Baca Juga: Pangkas Durasi Security Check, Ini yang Dilakukan Beberapa Bandara dan Maskapai

“Kami sangat senang bahwa kami dapat melakukannya lebih dulu dan saya membayangkan akan ada banyak tanggapan pada musim gugur atau musim semi berikutnya dari bandara lain yang ingin mengintegrasikan teknologi semacam ini.” tutupnya.