Volkswagen SEDRIC School Bus, Kendaraan Otonom dengan Balutan “Bus Sekolah”

Namanya sangat mahsyur dikalangan para pecinta otomotif, tapi percayalah, Volkswagen atau yang akrab disebut VW ini baru saja meluncurkan sebuah produk yang mampu mengikuti tingginya permintaan pasar akan moda nirawak. Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa moda nirawak kini pamornya tengah melejit, dan tidak heran jika banyak manufaktur otomotif yang tengah mengembangkan kendaraan futuristik berbasis sensor tersebut.

Baca Juga: Deutsche Bahn Luncurkan Bus Otonom di 2018

Sebagaimana yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman carscoops.com (5/3/2018), tahun lalu Volkswagen sukses meluncurkan kendaraan otonom pertamanya, SEDRIC. Peluncuran moda otonom ini ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar yang tengah ramai diperbincangkan kala itu. Kali ini, manufaktur yang terkenal dengan VW Kodok dan Kombi-nya tersebut merilis moda otonom berbalut bus sekolah.

SEDRIC School Bus ini merupakan moda otonom sepenuhnya yang menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak utama yang ditujukan untuk mengangkut anak-anak sekolah tanpa pengemudi. Moda ini sendiri memiliki warna dasar kuning pada bagian bodinya, yang dilengkapi dengan striping hitam persis di bagian luar penempatan roda. Di bagian depan, terdapat sebuah gravity yang menarik perhatian para penggunanya.

Sumber: carscoops.com

Semangat anak-anak muda yang menjadi target pasar dari SEDRIC School Bus ini tertuangkan sepenuhnya pada eksterior moda yang bentuknya menyerupai kapsul berjalan ini. Penggunaan konsep low deck pada SEDRIC School Bus ini pun diyakini akan memudahkan anak-anak untuk masuk. Guna menyetarakan diri dengan kemajuan jaman, VW pun menerapkan pintu otomatis pada moda unik ini.

Untuk desain interior, SEDRIC School Bus memiliki empat buah bangku yang ditempatkan saling berhadapan satu sama lain. Walaupun ruang di dalam bus ini masih cukup untuk menampung penumpang yang berdiri, namun demi alasan keselamatan, pihak VW tidak menganjurkan moda ini untuk menampung penumpang lebih dari empat orang.

Para penumpang dari armada yang diresmikan pada perhelatan Volkswagen Group Night di Geneva Motor Show ini pun dapat menikmati tayangan televisi dari layar hiburan OLED dan menyimpang tas bawaan mereka di ruang khusus yang sudah disiapkan oleh VW. Hadirnya moda seperti ini tentu akan memberikan pengalaman tersendiri kepada murid-murid yang hendak berangkat dan pulang dari sekolah.

Karena konsep otonom yang sepenuhnya dipergunakan oleh moda ini, maka Volkswagen memberikan kemudahan kepada setiap orang tua yang hendak menggunakan jasa ini. Mereka cukup menelepon bus ini manakala anaknya sudah siap untuk berangkat, maka bus inovatif ini akan datang menjemput sesuai dengan koordinat yang diberikan dan mengantarkannya ke sekolah yang dituju.

Baca Juga: Hadirkan Bus Otonom, Ericsson Gandeng Perusahaan Lokal Swedia

Walaupun kendaraan ini tidak didesain untuk mengangkut puluhan hingga ratusan murid sekaligus, namun tujuan utama dari VW dalam menghadirkan moda ini adalah untuk memberikan mobilitas kepada mereka yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi. Diharapkan, munculnya SEDRIC School Bus ini akan membantu VW untuk mengatasi masalah seperti kemacetan, kualitas udara dan keselamatan lalu lintas di kota-kota.