Agar Tak Bikin Kecewa Penumpang, Bus Tingkat di London Hadirkan Monitor Sisa Kursi di Dek Atas

Bus Double-Decker Bertenaga Listrik Milik TfL. Sumber: cityam.com

Survei membuktikan bahwa sebagian besar penumpang ingin langsung menuju ke dek atas saat menaiki bus tingkat. Hal tersebut wajar mengingat dek atas menawarkan sensasi visual dan pemandangan yang maksimal. Maka tak heran bila city tour bus selalu menjadikan kursi-kursi di dek atas sebagai sajian favorit bagi pelancong.

Baca juga: Routemaster, Si Double Decker Merah Ikon Kota London

Karena menjadi tujuan utama para penumpang bus, tak heran jika kursi-kursi di dek atas cepat dipenuhi penumpang. Tentu tak enak rasanya bila Anda sudah bersusah payah menapai tangga putar yang sempit untuk naik ke dek atas, tapi ternyata seluruh kursi sudah terisi. Hal ini yang rupanya menjadi perhatian pada layanan bus tingkat di London, Inggris, atau yang disebut Double Decker.

KabarPenumpang.com melansir dari laman wired.com, dimana saat ini sebuah teknologi baru telah hadir untuk memudahkan penumpang bus tingkat di London agar tidak perlu harus naik keatas untuk melihat ada kursi kosong yang bisa di duduki atau tidak.

Indikator kursi Double Decker di Inggris (www.wired.com)

Transport of London (TfL) yang merupakan organisasi transportasi massal di kota London ini telah menambahkan perangkat lunak atau software pada CCTV yang sebelumnya sudah terpasang. Perangkat lunak ini digunakan untuk memantau jumlah penumpang di lantai atas.

Perangkat lunak ini sendiri akan disambungkan ke layar monitor yang ada di lantai dasar bus. Sehingga penumpang yang masuk ke dalam bus tidak lagi perlu naik ke atas untuk mengecek kursi kosong, karena bantuan teknologi baru ini.

Sebenarnya, yang dibutuhkan dalam melengkapi perangkat lunak ini adalah gambar dengan resolusi tinggi dan bisa memindai untuk menentukan jumlah penumpang yang menempati tempat duduk. Layanan baru tersebut merupakan bagian dari upaya TfL yang lebih besar untuk bergerak ke London lebih efisien.

Seiring dengan monitor kursi dan pelacak pejalan kaki bus bertingkat sekarang dilengkapi dengan monitor yang melacak jalur bus dan menunjukkan bus yang terdekat secara langsung untuk memudahkan penumpang. Idenya adalah untuk memudahkan penumpang mendapat informasi tentang tata letak kota yang kompleks.

Baca juga: Dari London, Telah Meluncur Bus Tingkat Bertenaga Listrik Pertama di Dunia

Paling tidak, kedengarannya sangat membantu bagi pelancong yang bergantung pada Google Maps dan tidak ingin membayar roaming data. Peta langsung sudah aktif di beberapa bus London, dan penghitung kursi pertama akan muncul di nomor 12 rute bus dalam beberapa minggu ke depan. Mereka mungkin tidak mencari tempat duduk di bus mungkin tidak akan lebih mudah, tapi setidaknya tidak membuat penumpang berharap.