Ukur Kepuasan Pelanggan Melalui Polling, HappyOrNot Sebut Bandara ini Sebagai yang Paling ‘Bahagia’ di Dunia!

Sumber: stuff.co.nz

Guna mendapatkan predikat sebagai bandara terbaik, kepuasan penumpang menjadi salah satu faktor penting selain pelayanan yang diberikan oleh petugas bandara itu sendiri. Mulai dari kebersihan, keramahan petugas, dan banyak aspek lain yang bisa menjadi bahan penilaian untuk menentukan, apakah bandara tersebut pantas mendapatkan titel sebagai yang terbaik atau tidak.

Baca Juga: Haneda, Bandara Terbersih di Dunia Cerminan Budaya Jepang

Nah, guna menyortir kepuasan pelanggan akan pelayanan yang telah diberikan, sebuah perusahaan asal Finlandia, HappyOrNot Ltd. menyediakan perangkat yang dapat mewakili aspirasi pelanggan. Seperti yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman stuff.co.nz (15/3/2018), perangkat ini tersusun dari empat ekspresi wajah, dimana masing-masing ekspresi tersebut memiliki warna yang berbeda-beda.

Warna hijau tua mewakili ekspresi gembira; Hijau mewakili ekspresi senang; Merah muda mewakili ekspresi kurang puas, dan Merah untuk mewakili perasaan tidak puas. Mungkin bisa dibilang, fitur yang saat ini sudah tersebar di 160 bandara di 36 negara ini mirip dengan fitur serupa yang biasa Anda temui di mini-market, namun HappyOrNot memiliki tampilan yang lebih elegan dan menarik perhatian.

“Ide untuk mengadakan HappyOrNot ini muncul 15 tahun yang lalu, ketika saya tidak bisa menyuarakan ketidakpuasan akan toko game yang ada di Finlandia,” ungkap CEO HappyOrNot Ltd., Heikki Väänänen. “Teknologi kami memungkinkan hubungan antara konsumen dengan pengembangan bisnis. Pelanggan bisa merasa lebih dihargai, dan perusahaan dapat memperbaiki dan menyempurnakan layanan mereka,” tandasnya.

Tentu saja perangkat HappyOrNot yang tersebar di 160 bandara tersebut tidak hanya sebatas hiburan atau pelengkap saja, melainkan aspirasi pelanggan yang dituangkan dengan cara menekan tombol ekspresi tersebut dapat direkap. Dari situ, otoritas yang terkait dapat memantau reaksi pelanggan akan layanan yang sudah mereka berikan sebelumnya. Data yang dihadirkan memiliki beberapa rupa, mulai dari diagram hingga grafik.

“Di sebagian besar bandara, bagian pemeriksaan keamanan adalah titik yang paling memuaskan bagi para penumpang. Baggage Claim merupakan bagian yang paling membuat penumpang tidak nyaman,” tutur Heikki. Lalu bagaimana jika ada pengunjung yang tidak secara serius menanggapi mesin polling ini, semisal ia menekannya secara berkali-kali di tombol yang berbeda? “Sistem kami akan menyortirnya dan menambahkan catatan pada data tersebut,” jelasnya.

Baca Juga: Berada di Atas Awan, Daocheng Yading Jadi Bandara Tertinggi di Dunia!

Heikki membocorkan, dari 36 negara yang memasang perangkat HappyOrNot, Exeter Airport yang berada di Inggris tercatat sebagai bandara yang memiliki rating kebahagiaan tertinggi di antara semuanya. “Mungkin pelayanan mereka yang hebat dapat dijadikan panutan.” Tutupnya.