Toyota Luncurkan SORA, Bus Berbahan Bakar Sel yang Ramah Lingkungan

Sumber: carsifu.my

Seolah tiada henti menelurkan inovasi yang mampu meredam pencemaran udara melalui zat Karbon Dioksida (CO2), Toyota belum lama ini memulai penjualan bus berbahan bakar sel pertama yang diberi nama SORA (Sky, Ocean, River, Air). Dengan diluncurkannya penjualan bus SORA secara massal, Toyota berharap bus-bus ramah lingkungan ini dapat diperkenalkan di wilayah metropolitan Tokyo, terutama saat perhelatan Olimpiade dan Paralympic Games Tokyo 2020.

Baca Juga: Jelang Olimpiade 2020, Toyota Rilis Bus “SORA” Yang Super Ramah Lingkungan

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman greencarcongress.com (28/3/2018), Toyota Fuel Cell System (TFCS), yang dikembangkan untuk Mirai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), telah dimanfaatkan untuk mewujudkan kinerja lingkungan yang tinggi tanpa emisi CO2 atau Substances of Concern (SoC) yang dipancarkan ketika moda ini beroperasi, serta kenyamanan yang maksimal dengan indikator minimnya getaran yang ditimbulkan.

SORA dilengkapi dengan perangkat output daya eksternal berkapasitas tinggi, yang dapat memberikan output tinggi dan pasokan listrik berkapasitas tinggi (output maksimum 9 kW, dan pasokan listrik 235 kWh) dan memiliki teknologi yang memungkinkan bus ini menggunakan sumber daya darurat ketika terjadi sebuah bencana yang mengakibatkan mesin bus ini mati. Tidak hanya di segi mesin penggeraknya saja yang mutakhir, soal kenyamanan, SORA pun tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kursi yang ada di dalam bus mini ini dapat dilipat sesuai dengan kebutuhan. Sebut saja jika ada penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda hendak menggunakan bus ini, penumpang lain yang ada di dalam dek bisa melipat kursi tersebut dan memberikan ruang lebih kepada penyandang disabilitas tersebut, atau bahkan berguna juga bagi seorang Ibu yang membawa kereta bayi.

Kelebihan dari kendaraan ini adalah hadirnya delapan buah kamera berresolusi tinggi yang tersebar di dalam dan luar moda, dimana kamera ini berfungsi untuk melakukan pengawasan terhadap penumpang yang berada di dalam moda dan menjadi ‘mata tambahan’ bagi bus ini sendiri. Hadirnya kamera-kamera ini dapat membantu pengemudi untuk mendapatkan informasi tentang kondisi di sekitaran bus, seperti adanya orang yang menyeberang atau rintangan lain yang berada di dalam range pantauan kamera ini.

Baca Juga: Cina Rajai Populasi Bus Listrik di Seluruh Dunia

Bagi para penumpang yang tidak kebagian tempat duduk pun tidak perlu khawatir dirinya akan terlempar ketika bus mulai berakselerasi atau melakukan pengereman mendadak. Hal ini dikarenakan bus mini SORA menggunakan fungsi kontrol akselereasi yang memungkinkan pergerakan moda menjadi jauh lebih halus ketimbang kendaraan lain.