Hore! Google Assistant Kini Sudah Tersedia Dalam Bahasa Indonesia

Sumber: Tribun

Setelah beberapa waktu ke belakang Google melakukan gebrakan di Indonesia dengan menggelontorkan sejumlah dana segar terhadap GoJek, kini mesin pencarian nomor Wahid seantero jagad ini kembali memberikan dampak terhadap perkembangan teknologi di Tanah Air. Ya, perusahaan teknologi multinasional yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat ini secara resmi telah merilis Google Assistant versi Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Google Gelontorkan Dana Fantastis Ke Gojek, Rp16 Triliun!

Sesuai dengan namanya, Google Assistant sendiri merupakan asisten virtual yang akan memudahkan kehidupan sehari-hari Anda. “Google Assistant merupakan asisten virtual yang dirancang begitu conversational, yang benar-benar bisa merespons dialog dengan baik antara penggunanya dengan Google. Ia juga dapat membantu menyelesaikan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap CEO Google, Sundar Pichai. Google Assistant Bahasa Indonesia ini sendiri secara resmi diluncurkan pada Senin (2/4/2018) kemarin.

Dikutip KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, fitur Google Assistant berbahasa Indonesia ini dapat Anda gunakan pada smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android Lolipop 5.0 ke atas atau iOS 9.1 ke atas. Selain itu, Anda juga harus terlebih dahulu memperbarui aplikasi Google Search ke versi yang paling baru, dan mengubah setelannya menjadi Bahasa Indonesia. Setelah itu, Anda dapat merasakan sensasi memiliki sebuah asisten virtual pribadi.

Sebelumnya, Google Allo, aplikasi serupa Google Assistant yang menggunakan Bahasa Indonesia pertama kali muncul pada Agustus 2017 silam. “Kini, dengan hadirnya Google Assistant di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Google Assistant akan memudahkan aktivitas para pengguna. Aktifitas tersebut mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps dan lain-lain,” papar Google, dikutip dari laman cnnindonesia.com (2/4/2018).

Google Assistant sendiri diberdayakan oleh machine learning dan dibuat berdasarkan pengalaman Google selama kurang lebih 20 tahun di bidang Penelusuran, termasuk Natural Language Understanding, Computer Vision, dan memahami konteks dari pengguna. Karena itulah, Google Assistant dapat memahami maksud ucapan si pengguna dan membalasnya dengan respon yang sesuai.

Baca Juga: Google Maps Hadirkan Fitur yang Siap Dukung Kaum Difabel

Jika pertanyaan yang dilontarkan si pengguna mengacu pada hal yang ambigu atau memiliki beberapa kemungkinan jawaban, maka Google Assistant akan membalasnya dengan pertanyaan lanjutan. Ini dimaksudkan agar Google dapat lebih mengerucutkan kemungkinan dan memberikan kemungkinan jawaban terbaik kepada si pengguna.

Diketahui, beberapa aplikasi lokal yang sudah dilengkapi dengan fitur Google Assistant saat ini adalah “Al-Qolam”, “Joox”, “Kaskus”, “Klikdokter”, “Mobile Legends”, “Tebak Gambar”, dan “Vira dari Bank BCA”.