Tips Pilih Jasa Porter di Stasiun

Porter di stasiun

Porter adalah sebutan bagi orang-orang yang menawarkan jasa sebagai pengangkut barang di tempat-tempat umum. Para porter ini bisa ditemukan di stasiun kereta api, bandara, terminal bus, pelabuhan dan beberapa tempat lainnya. Apalagi saat musim mudik seperti ini, penumpang yang menggunakan kereta api lebih banyak dari hari biasanya dan barang yang dibawa pun lebih banyak.

Baca juga: Penerbangan Dibatalkan, Penumpang Porter Airlines Malah Diancam Petugas!

Porter yang ada di stasiun biasanya pekerja yang dikontrak PT KAI untuk membantu penumpang dan ada tarif yang disediakan untuk penumpang saat menggunakan jasa mereka. Mereka biasanya menggunakan baju seragam sah yang diberikan PT KAI.

Bahkan para porter ini pun ada yang gratis dan berbayar alias tergantung dimana penumpang menggunakannya. Untuk memudahkan Anda sebagai para pengguna moda transportasi, berikut ini ada beberapa tips yang KabarPenumpang.com rangkum sebelum menggunakan porter di stasiun

1. Lihat kondisi barang
Sebelum menggunakan porter untuk membantu Anda, lihat barang bawaan. Bila saat itu Anda pergi sendirian dan barang cukup banyak bisa menggunakan jasa porter mengangkatnya sampai ke dalam kereta api. Penggunaan porter ini juga bisa saat Anda bepergian dan membawa anak-anak sehingga mungkin kesulitan mengangkat barang yang banyak.

2. Seragam
Porter yang resmi menggunakan seragam baik itu di bandara dan stasiun. Maka baiknya pilih porter resmi yang menggunakan seragam ketimbang dengan porter yang tidak resmi. Sebab bisa saja Anda dimintai pembayaran yang lebih mahal dibandingkan dengan petugas porter yang disediakan. Porter resmi juga bisa menjamin keamanan barang bawaan Anda saat masuk ke kereta.

Baca juga: Update Terbaru Aplikasi KAI Access, Tawarkan Fitur Check In Online dan Pesan Meals

3. Porter stasiun ada tarif khusus
Saat ini pihak PT KAI tengah menyiapkan pemesanan untuk porter melalui aplikasinya. Namun belum jelas kapan bisa memesan porter melalui aplikasi tersebut. Tetapi tenang saja, saat ini porter yang disediakan pihak KAI sendiri menggunakan seragam dengan tarif sekitar Rp10 ribu sampai Rp25 ribu untuk mengangkat barang bawan Anda dari dan sampai ke dalam kereta. Sehingga bila porter meminta tips lebih, penumpang bisa memberikan aduan kepada pihak KAI terkait masalah tersebut.