Update Terbaru Aplikasi KAI Access, Tawarkan Fitur Check In Online dan Pesan Meals

PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah merilis aplikasi KAI Access pada September 2014. Saat diluncurkan, aplikasi yang hadir di Android dan iOS ini menawarkan fitur Booking Ticket, Schedule, Booking Check, History, Profile, News, dan Map. Dan tiga tahun berselang, apa kabar dengan aplikasi yang di Google Play Store telah diunduh 1 juta kali ini? Nah, belum lama ini PT KAI merilis update terbaru untuk KAI Access, tentu saja ada fitur menarik baru yang ditawarkan.

Baca juga: “The Rail Saarthi,” Aplikasi Mirip KAI Accsess Untuk Penumpang Kereta di India

KAI Access versi terbaru dilengkapi dengan layanan check in online hingga pemesanan porter. Untuk proses check in online dengan menggunakan aplikasi KAI Access terbaru sudah bisa dilakukan dari dua jam sebelum keberangkatan. “Jadi, tidak perlu lagi melakukan check in dan cetak boarding pass di mesin check in counter di stasiun. Langsung saja menuju boarding gate untuk pemeriksaan identitas dengan menunjukkan e-boarding pass kepada petugas,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam siaran pers yang dikutip KabarPenumpang.com dari tribunnews.com (14/12/2017).

Pemesanan Meals KAI Access

Tak hanya memudahkan dalam check in online, dalam aplikasinya, KAI Access juga dilengkapi dengan menu Train untuk memesan tiket kemudian menu Meals untuk fitur layanan pesan menu makanan restorasi kereta api secara preorder. Untuk pemesanan makanan dan minuman ini bisa dilakukan dua hari sebelum keberangkatan penumpang. Pada aplikasi sudah ada fitur E-Moda dan Porter, tetapi belum keduanya bisa di akses untuk saat ini.

Chat with Loko

“Kedepan akan dilengkapai dengan E-Moda, ini fitur layanan tambahan preorder jasa antar ke stasiun, maupun jemput di stasiun menggunakan moda transportasi oleh mitra KAI. Juga Porter yaitu fitur layanan tambahan preorder jasa angkut barang atau bagasi oleh petugas porter stasiun,” kata Humas PT KAI Agus Komarudin. Memang tak banyak yang diperbaharui dan beberapa fitur lama masih dipertahankan, seperti fitur My Trips atau riwayat pemesanan tiket kereta. Fitur Deals yang berisi info promo menarik terkait kereta api.

Baca juga: Pyka, Aplikasi Unik Untuk Penumpang Yang Sering Ketiduran di Kereta

E-Magazine

Tak kalah penting, fitur Remind Me atau pengingat perjalanan ini bisa diatur waktu 10-60 menit sebelum keberangkatan kereta api. Fitur E-Magazine, merupakan majalah elektronik yang berisi berita seputar KA atau tempat wisata di Indonesia untuk menemani perjalanan penumpang agar tidak membosankan. KAI juga tak lupa menambahkan Location, fitur ini untuk mengetahui keberadaan atau lokasi terkini dari kereta yang akan dinaiki penumpang. Terakhir, Chat with Loko, ikon Loko hadir untuk membantu penumpang jika ingin bertanya. Chat with Loko ini hadir dengan dua pilihan chat melalui web milik KAI maupun Messenger Facebook.