Teknologi On-Board Pegang Peran Penting Dalam Tingkatkan Kepuasan Penumpang Kereta

Sumber: globalrailwayreview.com

Penumpang dan operator moda transportasi memang saling terikat, dimana keduanya sama-sama saling membutuhkan satu sama lain. Penumpang yang hendak melakukan mobilisasi membutuhkan operator transportasi, begitupun sebaliknya. Guna melancarkan layanan perjalanan yang operator tawarkan, maka mereka pun harus berusaha untuk memikat penumpang dengan beragam cara. Kedua hal ini berjalan seiringan dengan perkembangan di sektor teknologi yang membawa dampak positif kepada dua belah pihak.

Baca Juga: Pengalaman Penumpang Jadi Penentu Pertumbuhan Layanan Kereta Cepat

Jika dulu penumpang yang hendak bepergian menggunakan kereta ke luar kota mesti membeli tiket langsung ke loket stasiun, kini mereka sudah bisa mengakses semuanya melalui gadget masing-masing. Begitupun layanan yang diberikan oleh operator kereta terhadap penumpang, masih serba terbatas pada jaman dulu. Berbeda dengan sekarang yang sudah serba canggih dan efisien. Sebut saja hadirnya WiFi on-board di sejumlah kereta yang menjadi tanda peningkatan layanan operator kereta terhadap penumpangnya, semuanya saling bersinergi.

Bahkan baru-baru ini, beberapa operator kereta sudah mulai berrencana untuk menawarkan personalisasi yang lebih luas kepada para penumpangnya, seperti melakukan pemesanan makanan selama perjalanan melalui aplikasi khusus. Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman globalrailwayreview.com (9/3/2018), adapun operator kereta seperti SNCF, Newrest Wagons-Lits, Irish Rail, Northern Irish Rail, Rail Gourmet, East Midlands Trains, TransPennine Express, Grand Central, dan GWR sudah mulai memikirkan cara untuk menyanggupi layanan berbasis virtual tersebut.

Seperti yang sudah disinggung di atas, sentuhan teknologi mutakhir seperti ini semata-mata ditujukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan terkait. Head of Sales dari ECR Retail Systems, Mark Simpson pun menuturkan hal serupa.

“Perusahaan kereta api progresif semakin menyadari bahwa memiliki teknologi on-board terbaru dapat secara signifikan membantu meningkatkan kepuasan penumpang,” tandasnya. “Hal tersebut juga dapat menumbuhkan arus pendapatan baru bagi operator,” tambah Mark. Ia juga beranggapan bahwa kehadiran teknologi semaca ini dapat membantu operator untuk meraup pendapatan tambahan dengan cara menyesuaikan permintaan pelanggan secara lebih personal.

Baca Juga: Dengan Model Train Set, PT KAI Jadi Lebih Mudah Siapkan Layanan WiFi di Kereta

Berkaitan dengan asumsi ini, Rail Gourmet yang memiliki pelanggan dari TransPennine Express, East Midlands Trains, dan Grand Central Trains memutuskan untuk mulai mencari perusahaan yang mampu mengadakan solusi penjualan elektronik (Electronic Point-Of-Sale/EPOS) baru-baru ini. Pihak Rail Gourmet percaya bahwa penggunaan EPOS dapat menjadi solusi sekaligus penghubung antara penumpang dan petugas yang berada di kereta makan.

“Kami membutuhkan sistem yang cukup maju secara teknologi untuk menangani transaksi seluler dengan cepat, namun dapat diandalkan dan cukup intuitif bagi kru untuk digunakan,” ungkap pihak Rail Gourmet.