Renault EZ-GO, Moda Otonom yang Memiliki Desain Pintu Low Deck Unik

Sumber: Car Magazine

Sebagai salah satu raksasa manufaktur otomotif, sudah tidak heran jika Renault terus berusaha untuk mengikuti perkembangan jaman. Belakangan ini dunia otomotif global memang tengah diramaikan dengan eksistensi moda otonom. Tidak mau kalah, perusahaan otomotif asal Perancis ini pun turut mengembangkan kendaraan futuristiknya yang bernama EZ-GO, dari waktu ke waktu. Hingga pada perhelatan Geneva Motor Show 2018 yang diadakan di Swiss, Renault secara resmi memperkenalkan mahakaryanya.

Baca Juga: Luncurkan Electric Vehicle, Renault Janjikan Tempuh 279 Km Sekali Charge

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, Renault EZ-GO yang bertenaga listrik ini mampu menampung hingga enam penumpang sekaligus. Namun, pihak Renault mendedikasikan moda futuristik ini sebagai kendaraan umum, layaknya bus yang berhenti di setiap pemberhentian, atau bahkan melayani perjalanan door-to-door layaknya taksi konvensional.

Sumber: iol.co.za

Renault EZ-GO memiliki panjang sekitar 5,2m, lebar 2,2m, dan tinggi 1,6m, termasuk kendaraan yang bisa dibilang ceper. Jika kebanyakan mobil memiliki pintu pada bagian sisinya, maka hal tersebut tidak berlaku pada Renault EZ-GO. Bagian belakang kendaraan futuristik ini akan membuka secara vertikal, dan dek dari kendaraan ini pun secara otomatis akan berubah jadi landai. Dalam kondisi terbuka seperti ini, Renault EZ-GO mampu menyediakan ruang kepala minimal 1,8m, atau 0,2m lebih tinggi ketimbang ukuran asli dari kendaraan ini.

Hadirnya dek landai pada Renault EZ-GO akan memudahkan para penyandang disabilitas, pengguna kereta bayi, hingga seseorang yang membawa trolley-bag. Selain itu, susunan bangku yang membentuk huruf U akan memudahkan penumpang untuk melakukan interaksi dengan penumpang lainnya. Bagi Anda yang kebetulan tengah membawa barang bawaan yang cukup banyak, Anda bisa menggunakan fasilitas penyimpanan barang yang juga tersedia di samping bangku penumpang.

Sumber: iol.co.za

Renault EZ-GO sendiri memiliki kemampuan mengemudi otonom Level 4, dimana kendaraan ini dapat mengatur jarak dari kendaraan yang berada di depannya, tetap berkendara di satu jalur, berpindah jalur (seperti menyalip), dan berbelok dengan sendirinya di persimpangan. Kendaraan ini juga bisa keluar dari jalan ke posisi parkir yang aman, baik menggunakan sistem keamanan yang terpasang atau melalui konektivitasnya dengan pusat pemantauan.

Baca Juga: Hadirkan Bus Otonom, Ericsson Gandeng Perusahaan Lokal Swedia

Adapun fitur keselamatan dari moda otonom yang mampu melesat hingga kecepatan maksimum 50km/jam ini adalah strip lampu yang dapat memberikan tanda kepada pengguna jalan lain bahwa ada orang yang menyeberang atau membunyikan klakson ketika ada yang menghalangi jalannya. Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh moda ini, bukan tidak mungkin Renault EZ-GO akan merajai angkutan umum di perkotaan kelak.