Pusing dan Mual Selama Perjalanan? Ini Dia Tips Ampuh Atasi Mabuk Darat

Sumber: istimewa

Salah satu hal yang paling menyebalkan ketika tengah melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan moda darat adalah mabuk selama perjalanan atau yang kerap kali disebut mabuk darat. Pusing, mual, hingga rasa ingin muntah menjadi gejala dasar Anda terkena mabuk darat. Meskipun jarang terjadi terhadap pengemudi, tapi bukan tidak mungkin pengemudi terserang mabuk darat.

Baca Juga: Duduk di Kursi Belakang Bus Lebih Cepat Mabuk, Ini Dia Penyebabnya!

Nah, agar Anda bisa berkendara dengan aman dan selamat, berikut KabarPenumpang.com paparkan beberapa tips yang dapat mencegah Anda dari serangan mabuk darat, dikutip dari laman wikihow.com.

Sirkulasi Udara
Jika Anda mulai merasakan mual selama perjalanan, pastikan sirkulasi udara di kendaraan Anda berjalan dengan baik. Buka kaca agar udara yang terus berputar di dalam kendaraan bisa tergantikan dengan udara segar dari luar. Dengan membuka kaca, aroma kurang sedap yang berputar di dalam mobil pun bisa keluar.

Pindah Tempat Duduk
Penumpang yang duduk di bangku belakang merupakan penumpang yang paling rawan terserang mabuk darat. Maka dari itu, jika Anda mulai merasakan gejala mabuk darat, usahakan untuk pindah ke bangku yang paling depan (samping pengemudi) karena dokter percaya bahwa mabuk perjalanan disebabkan oleh otak yang bingung menafsirkan antara apa yang ditangkap oleh mata dan gerakan yang dirasakan oleh tubuh. Ketika penumpang pindah ke bangku paling depan, maka apa yang ditangkap oleh mata dan gerakan yang dirasakan oleh tubuh akan sinkron.

Menepi dan Beristirahat
Ini merupakan langkah lanjutan dari mengatur sirkulasi udara. Dengan menepi dan beristirahat, otot-otot tubuh yang semula tegang bisa kembali rileks dan gejala mabuk darat bisa diminimalisir. Jika sudah tidak kuat, Anda juga dapat memuntahkan isi perut Anda ketika tengah beristirahat.

Usahakan Untuk Tidak Dehidrasi
Dehidrasi bisa memperparah gejala mabuk darat. Pastikan Anda minum banyak air sebelum dan selama perjalanan untuk menghindari mabuk darat.

Baca Juga: Memahami Penyebab Mabuk Laut dan Cara Mengatasinya

Konsumsi Makanan yang Memiliki Rasa Kuat
Sebut saja permen mint hingga jahe dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa mual dan gejala lain dari mabuk darat. Makanan dengan rasa yang kuat dipercaya mampu mengatasi gejala mabuk darat.

Mengkonsumsi Obat Anti Mabuk
Walaupun disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan jenis ini, namun dengan meminum obat anti mabuk dapat meminimalisir gejala mabuk perjalanan.