Ponsel Keluarkan Asap, 80 Penumpang MTR Hong Kong Terpaksa di Evakuasi

Ilustrasipenumpang yang terdampak asap telepon di dalam kereta MTR Hong Kong (www.scmp.com)

Tak hanya di pesawat, insiden yang melihatkan baterai ponsel juga melanda jaringan kereta. Seperti kepanikan yang melanda setelah asap dari sebuah ponsel memenuhi salah satu rangkaian MTR (Mass Transit Railway) di Hong Kong dan membuat 80 penumpangnya harus di evakuasi.

Baca juga: Inilah 10 Stasiun Bawah Tanah Terpadat di Dunia

KabarPenumpang.com melansir dar laman scmp.com (6/4/2018), bahwa insiden ini diduga disebabkan oleh baterai ponsel yang terlalu panas. Insiden ini terjadi pada jam sibuk Jumat (6/4/2018) sekitar pukul 09.00 waktu setempat, setelah kereta South Island Line yang berada di Admiralty meninggalkan stasiun South Horizon.

Seorang juru bicara MTR Corporation mengatakan insiden tersebut diberitahukan oleh seorang penumpang kepada staf di pusat kendali operasi melalui sistem komunikasi darurat. “Staf di atas kereta dikerahkan untuk menyelidiki dan menemukan ponsel yang rusak di lantai. Penumpang memberi tahu kami bahwa ponsel mengeluarkan asap, dan penumpang lainnya menggunakan alat pemadam untuk menyemprot ponsel tersebut,” ujar juru bicara MTR.

Dengan adanya insiden tersebut petugas mengambil tindakan pencegahan untuk keamanan dimana semua penumpang kereta MTR di evakuasi dari tiga kereta setelah tiba di stasiun Lei Tung. Juru bicara MTR mengatakan ada sekitar 80 penumpang dalam kereta tersebut.

Juru bicara itu menambahkan, kereta kemudian ditarik ke depo untuk dilakukan pemeriksaan dan penumpang yang terdampak menggunakan kereta berikutnya. Pihak kepolisian mengatakan, bahwa dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa dan semua penumpang selamat.

“Penyelidikan awal menemukan tidak ada yang mencurigakan dan baterai yang terlalu panas adalah penyebab dugaan dari insiden tersebut,” ujar salah seorang juru bicara kepolisian.

Baca juga: Alami Masalah Kelistrikan, Kereta Cepat di Cina Terbakar Hebat!

Kejadian ini hampir mirip dengan yang terjadi di Manila, Filipina Januari 2018 lalu. Dimana asap tiba-tiba keluar dari bawah kursi kereta MRT-3 dan membuat 600 orang penumpangnya panik serta membuat mereka memaksa membuka pintu kereta dan berjalan sepanjang jalur pada sore hari itu.

Asap tersebut datang dari gerbong tengah kereta tersebut. Masalah ini dikarenakan dari listrik sehingga ada asap yang keluar dan tidak ada api sama sekali. Ini membuat perjalanan MRT lainnya terhambat.