Obskaya – Karskaya, Jalur Kereta Paling Utara yang Akan Bawa Anda ke Ujung Dunia!

Jalur Obskaya - Karskaya. Sumber: thebarentsobserver.com

Jika Anda dilempar pertanyaan, “Moda apa yang mampu menjangkau Kutub Utara?”. Mungkin sebagian besar dari Anda akan menjawab pesawat terbang dan kapal laut, apapun jenisnya. Tidak ada yang salah dengan jawaban tersebut, namun pada kenyataannya, tidak hanya pesawat terbang lho yang mampu menjangkau daerah Kutub Utara yang terkenal dengan suhu udaranya yang sangat ekstrem, kereta api juga bisa!

Baca Juga: Maharajas Express, Kereta Termewah di Asia Bertarif Mulai Rp51 Juta

Ya, bak sebuah koin yang saling berkiatan antara tampak depan dan belakang, sama halnya dengan kereta yang selalu berkorelasi dengan stasiun. Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, karena posisi geografisnya yang terletak di Arctic Circle, Stasiun Karskaya dinobatkan sebagai stasiun kereta paling utara di dunia. Menurut aturan territorial, stasiun ini masuk ke dalam wilayah kekuasaan Rusia.

Berbeda dengan kebanyakan stasiun yang ada di berbagai penjuru dunia, stasiun paling ujung dari jalur kereta Obskaya – Karskaya ini merupakan salah satu bagian dari Gazprom’s Yamal Mega Project. Dalam membangun jalur ini, sebenarnya Gazprom hanya melanjutkan pembangunan yang sebelumnya dikepalai oleh otoritas Soviet. Sebelumnya, jalur kereta ini hanya menghubungkan Obskaya – Bovanenkovo, namun karena satu dua hal, akhirnnya sang operator melakukan ekstensi hingga ke Karskaya. Bovanenko sendiri diketahui sebagai lading gas terbesar di Semenanjung Yamal, Siberia.

Seperti kebanyakan stasiun, pada umumnya, Stasiun Karskaya dipergunakan untuk mengangkut orang dan juga barang. Jalur kereta Obskaya – Karskaya sendiri membentang sejauh 572 kilometer, atau 47 kilometer lebih jauh ketimbang jalur Obskaya – Bovanenkovo (hanya 525 kilometer). Sepanjang jalur Obskaya – Karskaya ini, terdapat lima buah stasiun, 12 jalur langsiran, dan 70 jembatan yang jika ditotal, panjangnya melebihi 12 kilometer.

Sumber: railwaygazette.com

Jalur Obskaya – Bovanenko sendiri pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2010 silam. Lalu pada Februari 2011, jalur ini diperpanjang hingga Karskaya. Tak lama dari perpanjangan rute tersebut, jalur Obskaya – Karskaya resmi dibuka untuk umum. Menurut kabar yang tersiar, jalur Obskaya – Karskaya ini rencananya akan kembali diekstensi hingga ke pelabuhan Arctic Sabetta.

Baca Juga: Oriental Desert Express, Sensasi Kereta Mewah Pelintas Padang Pasir

Jika Oriental Desert Express yang beroperasi di Maroko, Afrika harus berkutat dengan pasir yang menutupi jalur, maka kereta yang melintas di sepanjang jalur Obskaya – Karskaya ini akan berhadapan dengan dinginnya es khas Kutub Utara. Begitu pun dengan armadanya sendiri, Yamal Express, dimana sejumlah partikel harus mendapat perlindungan ekstra agar kinerjanya tidak menurun ketika menerjang dinginnya jalur ini.