Muncul Asap di Kabin, 129 Penumpang Globus Airlines Turun Lewat Slide Darurat

Ilustrasi asap di kabin pesawat

Kabin tiba-tiba dipenuhi asap, 129 orang penumpang untungnya dapat menyelamatkan diri setelah berhasil keluar dari dalam pesawat Globus Airlines. Inilah kejadian dramatis yang terjadi di Bandara Domodedovo Moskow pada Selasa (27/3/2018) kemarin.

Baca juga: (Lagi) Kasus Ponsel Meledak, Kali Ini Dialami Air Canada Flight 101

KabarPenumpang.com melansir dari laman eturbonews.com (27/3/2018), dimana penerbangan dengan nomor GH-173 dari Moskow tujuan ke Novosibirsk, Rusia, harus batal take off atau lepas landas. Hal ini dikarenakan saat akan lepas landas, pilot pesawat Boeing 737-800 tersebut melihat kumpulan asap di kokpitnya.

Kemudian membuat seluruh landasan di blokir sementara dan penumpang diharuskan turun meninggalkan pesawat melalui slide darurat. Evakuasi penumpang dalam kabin berlangsung dalam kegelapan total dan hanya di terangi oleh lampu kedap kedip dari kendaraan darurat terdekat dan lampu darurat di kabin.

Juru bicara Globus Airlines mengatakan dari 129 penumpang dan tujuh orang awak kabin tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut. Diketahui dari penyelidikan awal, asap tersebut ditimbulkan karena air yang masuk ke sistem pendingin atau AC pesawat. Sedangkan sumber layanan darurat Moskow mengatakan, keadaan darurat tersebut juga bisa diakibatkan karena adanya arus pendek. Untungnya insiden ini tidak mengganggu penerbangan lain di bandara Domodedovo.

Kejadian serupa juga pernah terjadi pada pesawat Allegiant Air, dimana saat akan mendarat di Bandara Internasional Fresno Yosemite, California, asap tiba-tiba muncul dan memenuhi kabin pesawat. Asap ini mengganggu penumpang dan membuat panik.

Asap ini membuat penumpang batuk dan mereka kemudian menutup wajah dengan pakaian yang dikenakan. Setelah mendarat, pemadam kebakaran langsung masuk ke kabin dan mengevakuasi penumpang serta mencari sumber asap tersebut. Untungnya 150 penumpang dan enam awak kabin selamat tanpa luka sedikitpun. Asap tersebut diketahui karena adanya masalah teknis.

Selain itu, pesawat terbang milik Filipina juga terpaksa kembali ke bandara Manila setelah adanya asap yang muncul di kabin. Pesawat yang mengangkut 235 penumpang tersebut sebenarnya akan terbang ke bandara Haneda di Tokyo, Jepang.

Baca juga: Terjebak Kebakaran di Kendaraan, Jangan Panik, Ini Cara Gunakan APAR

Namun, pada 20 menit penerbangan, awak kabin melihat ada asap yang muncul dan terpaksa kembali ke bandara dan dilaporkan semua penumpang dan awak kabin selamat. Pesawat jenis A340-300 tersebut akhirnya tidak meneruskan penerbangan dikarenakan masalah teknis.

Para penumpang kemudian melanjutkan penerbangan mereka pada sore harinya dengan pesawat pengganti.