Mulai 12 Maret 2018, Aturan Ganjil Genap Berlaku di Akses Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur

Kilas balik ke November 2017, DPP Organda (Organisasi Angkutan Darat) memberikan saran kepada BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) untuk memberlakukan aturan ganjil genap bagi kendaraan pribadi di Tol Cikampek. Dan tak lama berselang, BPTJ di bawah Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa mulai 12 Maret 2018, sebagian dari akses Tol Cikampek, yakni di lintas Tol Bekasi Barat dan Timur akan dibelakukan peraturan ganjil genap.

Baca juga: Tol Cikampek Kian Padat, Organda Ajukan Pemberlakukan Aturan Ganjil Genap Bagi Kendaraan Pribadi

Lewat siaran pers, BPTJ mengimplementasikan kebijakan tersebut semata-mata untuk menekan kemacetan yang semakin parah di ruas Tol Jakarta – Cikampek. Persisnya kebijakan tersebut dengan menerapkan aturan ganjil genap untuk kendaraan pribadi di pintul Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur, perlu dicatat ini berlaku untuk ruas tol yang ke arah Jakarta saja.

Kebijakan yang akan mulai berlaku 12 Maret mendatang ini punya syarat dan ketentuan, yaitu berlalu setiap hari Senin – Jumat, mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB, kecuali hari libur.

Dengan ketentuan tersebut, nantinya kendaraan pribadi berplat ganjil hanya bisa masuk akses pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta. Demikian pula sebaliknya, kendaraan dengan plat nomer genap hanya bisa masuk tol yang sama pada tanggal genap. “Perlu dipahami bahwa kebijakan ganjil genap ini diberlakukan di akses pintu tol, bukan di dalam jalan tol,” ujar Bambang Prihartono, Kepala BPTJ.

Bambang menambahkan, bagi masyarakat yang terimbas kebijakan tersebut diberikan alternatif untuk masuk pintu tol yang lain, selain Bekasi Barat dan Bekasi Timur. BPTJ menyarankan agar warga juga dapat memanfaatkan bus Transjabodetabek Premium yang tersedia di Mega City Bekasi Barat dan Grand Dhika Bekasi Timur. Khusus yang beralih menggunakan bus Transjabodetabek disediakan parkir (park and ride) dengan tarif flat Rp10 ribu per hari.

Baca juga: Empat Proyek Pembangunan Perkeruh Kemacetan di Tol Cikampek

Akibat tingkat kepadatan trafik yang begitu tinggi, ruas jalan tol Cikampek tak jarang mengalami kondisi macet yang begitu parah, terlebih kini sedang ada pembangunan lintas jalur LRT (Light Rapid Transit) disisi jalan tol tersebut.