Manfaatkan Medsos Sebagai Wadah Promosi, Tokyu Corp. Sukses Jaring Banyak Wisman

Sumber: japantimes.co.jp

Ada banyak cara yang ditempuh oleh otoritas setempat dalam rangka mempromosikan suatu daerah, salah satunya dengan cara memanfaatkan media sosial (medsos). Ya, dewasa ini peran sosial media memang sudah tidak lagi sebatas wadah untuk seseorang bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu, namun perannya kini sudah bertambah, yaitu menjadi media untuk menyebarluaskan informasi.

Baca Juga: Jepang Tawarkan Paket Wisata dengan Kereta Mewah Yang Ramah Dompet

Seperti yang dilakukan oleh salah satu operator kereta api Jepang yang mempromosikan sebagian besar tempat wisata lokal di sepanjang jalurnya dengan menggunakan media sosial. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan asing di lokasi wisata yang dipromosikan tersebut, maka ini membuktikan bahwa sosial media merupakan alat promosi yang sangat baik.

Sebagaimana dilansir KabarPenumpang.com dari laman kyodonews.net (16/3/2018), adalah Tōkyū Setagaya Line, jalur kereta yang berada di Tokyo ini merupakan objek dari promosi via media sosial yang dilakukan oleh Tokyu Corporation selaku operator dari layanan tersebut. Sebut saja Kuil Gotokuji yang terletak di jalur kereta tersebut menjadi lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan asing setelah promosi digalakkan.

Sumber: kyodonews.net

Kuil Gotokuji sendiri terkenal dengan koleksi maneki-neko, sebuah simbol keberuntungan bagi warga Jepang, dimana mereka meyakini bahwa kucing ini akan membawa kemakmuran bagi para pemilik toko. Tidak hanya itu, para wisatawan juga dapt mengunjungi Setagaya-Hachimangu yang terletak tidak begitu jauh dari Kuil Gotokuji. Setagaya-Hachimangu sendiri terkenal sebagai daerah yang masih sangat kental dengan kebudayaan Jepang kuno.

Dalam ajang promosi ini, Tokyu Corporation tidak berjalan sendiri. Perusahaan swasta ini menggandeng Huber Inc., sebuah perusahaan teknologi asal Jepang. “Saya pikir Jepang memiliki banyak lokasi wisata, namun beberapa diantaranya ada yang masih belum terjamah dan perlu dieksplor lebih lanjut,” tutur salah satu pejabat dari Tokyu Corporation.

Baca Juga: 5 Stasiun Tersibuk di Dunia, Semua Ada Di Jepang!

Seperti yang sudah disinggung di atas, banyaknya netizen yang melihat postingan mengenai tempat wisata tersembunyi di sekitaran Tōkyū Setagaya Line pun berdampak pada meningkatnya jumlah penumpang di jalur kereta tersebut.

“Mempromosikan tempat yang masih kental akan budaya tradisional Jepang terbukti dapat meningkatkan jumlah wisatawan domestik maupun asing. Tempat wisata semacam ini menawarkan suatu pengalaman yang berbanding terbalik dengan perlintasan distrik Shibuya yang sangat terkenal.” tutupnya.