Lebih Cepat dan Ramah Lingkungan, Perkeretaapian Jepang Siap Operasikan N700S Pada Olimpiade Tokyo

sumber: cnn

Perkembangan yang terjadi di sektor teknologi seolah tidak pandang bulu, tidak hanya gadget saja yang semakin berkembang, bahkan dunia transportasi pun tidak bisa menampik perkembangan ini. Sebut saja kereta api, ketika di awal kemunculannya mereka masih menggunakan batu bara sebagai bahan bakar utamanya, kini sudah banyak kereta yang mengandalkan tenaga listrik dan bisa mengular dengan kecepatan yang fantastis, jauh mengungguli kecepatan di awal kemunculannya.

Baca Juga: Jelang Pensiun, JR West Pamerkan Kereta Peluru Tematik, Shinkansen 500 EVA “Evangelion”

Menyinggung soal perkembangan kereta, nampaknya Indonesia masih harus berangan-angan untuk bisa menikmati jaringan kereta berkecepatan tinggi, setelah proyek pengadaan kereta cepat pertama di Indonesia yang menghubungkan Jakarta – Bandung mengalami berbagai kendala dan terancam terbengkalai. Berbeda dengan negara yang sektor perkeretaapiannya banyak dijadikan benchmark oleh negara lain, Jepang yang kini tengah mengembangkan salah satu armada kereta cepatnya, N700.

Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, Central Japan Railway telah meluncurkan prototipe kereta N700S, sebuah kereta peluru yang dirancang khusus sehingga lebih ramah lingkungan dan dapat lebih memanjakan para penumpangnya. Kereta yang dapat melaju hingga menyentuh kecepatan 186 mph atau yang setara dengan 300 km per jam ini rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2020 mendatang.

Dengan desain moncong yang lebih lancip daripada pendahulunya, soket istrik disetiap bangku, dan rak bagasi ringai, N700S ini direncanakan akan mengular di Tokaido Shinkansen Line, yang menghubungkan Tokyo dan Shin-Osaka.

Sebenarnya, huruf S yang tersemat pada akhir nama kereta ini mengacu kepada kata ‘Supreme’, dimana layanan yang diberikan melalui kereta ini merupakan yang prima dan unggulan. Jadi tidak heran jika kereta yang rencananya akan diuji coba pada akhir bulan Maret ini dicanangkan sebagai kereta yang memberikan layanan mewah.

Dilihat dari segi kenyamanannnya, N700S memiliki ruang gerak kaki 15 persen lebih besar daripada para pendahulunya. Satu rangkaian N700S ini sendiri terdiri dari 14 gerbong penumpang dan dua lokomotif (pada bagian ujung-ujungnya), dengan daya tampung maksimal 1.323 penumpang dalam sekali jalan.

Baca Juga: Wow, Kereta Shinkansen Ada di Restoran Indonesia!

“Kami telah menghasilkan sebuah kereta api yang melambangkan era baru untuk Tokaido Shinkansen Line,” ungkap Masayuki Ueno, wakil dirjen Divisi Operasi Shinkansen di JR Tokai. “Seri N700S telah sepenuhnya didesain ulang, terutama pada fasilitas utama dan peralatan penunjangnya,” tandasnya. Jika tidak meleset dari agenda, kereta ini diperkirakan sudah bisa beroperasi ketika perhelatan Olimpiade Tokyo 2020.