Kereta Cepat Nan Mewah Siap Layani Jamaah Haji dan Umroh di Rute Jeddah – Makkah

Sumber: International Railway Journal

Tak ingkar janji, Pemerintah Arab Saudi yang pada tahun lalu menyebutkan rencananya untuk membuka layanan kereta mewah bagi para Jamaah Haji tinggal selangkah lagi menuju realisasi. Nantinya, Jamaah Haji dan Umrah dari seluruh penjuru dunia dapat menikmati perjalanan dari Jeddah menuju Makkah dan sebaliknya dengan menggunakan kereta super mewah, lengkap dengan instalasi teknologi yang serba canggih.

Baca Juga: Kereta Cepat Haramain Siap Layani Tamu Allah Akhir Tahun Ini

Dirangkum KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, kereta ini dilengkapi dengan kafetaria, fasilitas WiFi onboard, hingga tempat duduk yang nyaman khusus untuk para Tamu Allah. “Dari bandara, jamaah haji dan umrah dapat langsung menuju stasiun kereta api di Jeddah yang mewah pula dengan fasilitas yang disediakan untuk mereka yang akan menikmati pelayanan serba elektronik dengan teknologi mutakhir,” kata Manajer Proyek stasiun kereta api Jeddah, Faisal Alghamdi, dikutip dari laman antaranews.com (25/2/2018).

Kereta mewah ini akan diberangkatkan dari stasiun yang berlokasi di King Abdulah Economic City, Jeddah menuju Makkah dengan memakan waktu tempuh yang jauh lebih singkat ketimbang naik bus. “Perjalanan sepanjang kurang lebih 450 kilometer dari Jeddah ke Makkah ini akan memakan waktu sekitar satu setengah jam,” lanjut Faisal Alghamdi.

Sebanyak 13 gerbong akan mengangkut para jemaah haji dan umrah dalam sekali perjalanan dari Jeddah ke Makkah, namun jumlah rangkaian nantinya akan ditambah menjadi 26 gerbong kereta api yang diimpor dari Spanyol. Tidak hanya sarananya saja yang memenuhi aspek modernisasi, pra-sarananya pun tak luput dari perkembangan teknologi. Sebut saja untuk sistem tiket yang sudah mulai terjamah digitalisasi.

Mengingat Arab Saudi merupakan destinasi religi umat Muslim, maka tidak heran jika operator menyediakan fasilitas ibadah seperti Masjid yang mampu menampung ratusan Jamaah. Pembangunan stasiun tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan Visi 2030 Saudi Arabia yang antara lain memberi perhatian kepada kepentingan para jemaah haji dan umroh dari berbagai bangsa di seluruh dunia.

Baca Juga: Al Mashaaer Al Mugaddassah Metro, MRT Unik di Kota Suci Makkah

Visi tersebut yang telah diperkenalkan oleh Putra Mahkota Kerajaan Saudi Arabia, Muhammad bin Salman, mengandung tiga pilar yaitu membuat Saudi Arabia menjadi pusat Arab dan Islam dunia, membuat kerajaan tersebut pusat investasi global dan membuat negara tersebut sebagai pusat yang menghubungkan tiga benua yaitu Asia, Eropa dan Afrika.

Seperti yang sudah diberitakan sebeumnya, kereta mewah ini mampu mengular hingga kecepatan maksimum mencapai 320 km per jam. Pihak Saudi Railways Organization (SRO) selaku operator kereta ini sudah melakukan uji coba perdananya pada 25 Juli 2017 kemarin. Kereta berlari dari Rabigh, Jeddah menuju Madinah dengan kecepatan 330 km per jam, dan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit, lebih cepat 15 menit dari estimasi awal.