“Kempa,” Robot Humanoid Khas India Hadir di Bandara Bengaluru

Robot Kempa yang akan hadir di Bandara Internasional Kempegowda (The Better India)

Otomatisasi saja rasanya tak cukup untuk memperlihatkan tingkat kemajuan suatu bandara internasional. Dengan dalih untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa penerbangan, robotisasi kini mulai menjadi terobosan untuk memeriahkan layanan di bandara-bandara besar. Setelah hadir di Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Jerman, robot bandara kini dikabarkan juga bakal hadir di Negeri Anak Benua.

Baca juga: Hitachi Luncurkan EMIEW3, Robot Pintar di Bandara Dengan Artificial Intelligence

KabarPenumpang.com melansir dari laman business-standard.com (1/4/2018), dimana kini salah satu bandara di Bengaluru India yakni Kepegowda International Airport siap menggunakan robot humanoid baru yang tidak hanya akan menyambut pelancong di bandara tetapi juga memberikan informasi yang dibutuhkan.

Diketahui robot humanoid tersebut akan diberi nama Kempa. Kempa sendiri dibuat oleh Siera Techologies, salah satu start-up di Bengaluru yang menggunakan Artificial Intelligence dan sedang dalam uji coba.

Menteri Inovasi dan Teknologi India Priyank Kharge men-tweet video berdurasi satu menit yang memperlihatkan robot Kempa tersebut memberikan informasi dalam bahasa Kanada dan bahasa Inggris. Robot Kempa akan membantu penumpang dengan memberikan rincian penerbangan, detail check in dan segala sesuatu terkait bandara seperti toko atau restoran.

Selain itu, Kempa sendiri akan memberitahukan penumpang tentang negara India serta tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi seperti warisan dan budaya. Untuk menggunakan robot tersebut secara utuh, masih menunggu persetujuan dan keputusan dari Menteri Kharge.

Baca juga: Bandara Munich Gandeng Lufthansa Hadirkan Robot Humanoid Untuk Bantu Penumpang

Nantinya jika sudah ada keputusan yang pasti dengan Kempa, maka Bandara Internasional Kempegowda kota akan bergabung dengan beberapa bandara lain di seluruh dunia. Dimana mereka telah bereksperimen dengan robot yang membantu penumpang, memindai bagasi dan mengeluarkan tiket masuk pesawat. Meskipun saat ini Kempa dalam tahap akhir pengujian coba sebelum digunakan, ada kemungkinan, hadirnya robot Kempa ini akan mejadi favorit untuk calon penumpang.