Bandara Munich Gandeng Lufthansa Hadirkan Robot Humanoid Untuk Bantu Penumpang

Robot humanoid Josie Pepper di bandara Munich yang bekerjasama dengan Lufthansa (Political Analysis South Africa)

Berbagai bandara di dunia, menghadirkan robot untuk membantu penumpang baik itu, untuk menemukan gerbang mereka, memberitahukan lokasi penumpang hingga memverifikasi data. Baru-baru ini di bandara Munich Jerman yang juga bekerjasama dengan Lufthansa menghadirkan robot humanoid. Robot ini mulai di uji coba pada 15 Februari 2018 kemarin di Terminal 2.

Baca juga: Giliran Bandara Seattle Gunakan Jasa Robot Untuk Layani Calon Penumpang

KabarPenumpang.com melansir dari laman airport-technology.com (16/2/2018), bahwa robot bernama Josie Pepper ini memiliki tinggi 120 cm atau 47 inci dan akan menjawab pertanyaan penumpang terkait petunjuk arah ke gate atau gerbang mereka hingga informasi mengenai restoran serta toko-toko yang ada di bandara. Josie diprogram untuk berbicara dengan penumpang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang paling sering digunakan penumpang dari berbagai negara untuk memudahkan komunikasi.

Josie Pepper akan hadir di terminal 2 dalam beberapa minggu kedepan dan akan menyambut para pelancong di jalan menuju pesawat yang menghubungkan terminal utama ke gedung satelit. Uji coba ini dilakukan untuk menunjukkan dan mendapatkan respon apakah Josie Pepper diterima oleh penumpang.

Robot humanoid ini dikembangkan oleh perusahaan Perancis Softbank Robotics. Josie Pepper sendiri didukung teknologi kecerdasan buatan oleh IBW Watson Internet of Things (IoT) berbasis cloud.

Otak yang ditanamkan pada robot humanoid tersebut dilengkapi dengan prosesor berkinerja tinggi dengan akses internet WLAN. Teknologi inilah yang menciptakan koneksi ke layanan cloud dimana ucapan penumpang di proses, ditafsirkan dan dihubungkan ke data bandara.

Uniknya tipe robot ini berbicara bukan hanya mengirim teks yang sudah ditentukan sebelumnya, atau bisa dikatakan menjawab pertanyaan melalui suara atau ucapan. Sistem ini sendiri memiliki kemampuan untuk memperbaiki seiring berjalannya waktu dengan belajar dari pertanyaan dan informasi yang relevan dalam memberikan jawab lebih tepat.

Baca juga: Sambut Olimpiade Musim Dingin, LG Hadirkan Dua Robot Canggih di Bandara Incheon

Robot Josie Pepper ini seharga €19900 atau US$24600 atau sekitar Rp334 juta. Diketahui, robot semacam ini, sudah ada di beberapa bandara lainnya seperti di bandara Internasional Incheon Seoul, bandara Seattle dan beberapa bandara lainnya di dunia.