KA Solo Ekspres Mengular di Jalur Kereta Api Solo-Yogyakarta-Kutoarjo

Kereta Solo Ekspress mengular di jalur kereta Solo-Kutoarjo per 17 Mei 2018

Meski telah mengoperasikan kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) untuk mengangkut penumpang dari Solo menuju Kutoarjo dan melewati Yogyakarta, ternyata Daerah Operasional VI (Daop 6) Yogyakarta tak berhenti di situ saja. Kini Daop 6 menghadirkan kereta api pendamping Prameks yang diluncurkan hari ini, Kamis (17/5/2018).

Baca juga: Rolling Stock Rampung, Menteri Budi Prediksi KA Bandara Adi Soemarmo Mengular Pada Februari 2019

Kereta api ini akan menggunakan kereta api Bandara Internasional Adi Sumarmo (BIAS) sebelum. Penggunaan kereta bandara ini, dikarenakan jalur kereta Bandara Internasional Adi Sumarmo belum rampung pengerjaannya.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber bahwa kereta ini akan mengangkut penumpang relasi Solo-Yogyakarta hingga ke Kutoarjo. Kereta api Solo Ekspres terdiri dari empat kereta penumpang dalam satu setnya dan akan berjalan dua set kereta.

Bagian dalam kereta Solo Ekspres

Diketahui kereta buatan PT INKA Madiun yang diresmikan pada Jumat (11/5/2018) di Solo oleh Menteri Perhubungan, Walikota Solo dan Dirut PT KAI. Kereta api Solo Ekspres sendiri mampu menampung sekitar 300 orang baik yang duduk maupun berdiri.

Kereta yang digunakan adalah kereta rel diesel (KRD) eksekutif. Tampilan kereta ini berwarna hijau dan mirip dengan kereta Bandara Internasional Minangkabau yang juga buatan PT INKA.

Dari tampilan gambar yang unggah oleh PT KAI di akun Instagramnya, kereta tersebut memiliki AC atau pendingin udara dan kursi khusus berhadap-hadapan serta monitor pemberitahuan. Kereta ini mulai beroperasi pada 17 Mei 2018 dan hingga tanggal 20 Mei 2018 besok atau selama empat hari kedepan tarif yang diberlakukan PT KAI adalah Rp0 atau gratis.

Baca juga: KA Komuter Prameks, Rencana Hingga Ke Sragen dan Pembangunan Jalur Listrik Yogya-Solo

Sedangkan untuk tanggal 21 Mei 2018 dan seterusnya, tarif normal akan berlaku. PT KAI menerapkan tarif normal Kutoarjo-Yogyakarta PP Rp30 ribu, Yogyakarta-Solo Balapan PP Rp30 ribu dan Kutoarjo-Solo Balapan atau sebaliknya Rp40 ribu.

Adapun jadwal perjalanan KA Solo Ekspres ini adalah pukul 08.40 WIB dan 15.40 WIB dari stasiun Kutoarjo, dan sebaliknya pukul 11.15 WIB dan 18.25 WIB dari stasiun Solobalapan. Dengan adanya KA Solo Ekspres tersebut, PT KAI menambah rute perjalanan kereta reguler yang telah ada antara Kutoarjo-Solo Balapan.