“The Rail Saarthi,” Aplikasi Mirip KAI Accsess Untuk Penumpang Kereta di India

Perkeretaapian India belum lama meluncurkan aplikasi mobile pemesanan tiket kereta, penerbangan hingga pemesanan makanan untuk di kereta bernama The Rail Saarthi. Nama ini adalah singkatan dari Synergised Advanced Application Rail Travel Help and Information.

KabarPenumpang.com melansir dari laman financialexpress.com (14/7/2017), aplikasi ini diresmikan oleh menteri perkeretaapian India Suresh Prabhu. Dia mengatakan, aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan

Baca juga: Jadwal Perjalanan Terencana, Pesan Makanan Pun via Online

“Aplikasi terpadu tersebut bisa memberi satu kemudahan untuk melakukan semua hal. Baik itu memesan tiket kereta, pesawat ataupun makanan di dalam kereta,” ujar Prabhu.

Ternyata ada lagi yang bisa dipesan dari aplikasi The Rail Saarthi yakni memesan porter, ruang pensiun dan makanan untuk di makan dalam perjalanan. Tak hanya memudahkan dalam segala hal terkait pemesanan, aplikasi ini juga dilengkapi layanan untuk keamanan wanita. Prabhu menambahkan, aplikasi Saarthi dikembangkan oleh Center for Railway Information Systems (CRIS). Biaya untuk membuat aplikasi ini adalah Rs7 crore.

Aplikasi tersebut bisa dengan mudah di unduh di Google Play Store pada smartphone Android Anda dengan kata pencarian COMS untuk Rail Saarthi. Sama seperti aplikasi lainnya jika terpasang, Anda harus membuat ID untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Aplikasi Saarthi

“Saat ini kami memiliki solusi digital yang berbeda untuk tiket, pembatalan dan masalah lainnya. Kami bermaksud untuk mengintegrasikan semua fasilitas tersebut ke dalam dua aplikasi mobile, yang menangani semua masalah tiket dan yang lainnya untuk penerimaan dan pengurangan keluhan serta saran terkait dengan semua layanan kami. Aplikasi terpadu sekarang juga dapat digunakan untuk pemesanan taksi dan hotel,” ujar Prabhu.

Aplikasi ini seperti mengingatkan pada milik Kereta Api Indonesia yakni KAI Accsess yang bisa digunakan untuk memesan tiket dan meals atau makanan di kereta. Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk melakukan pemesanan tiket pesawat terbang seperti The Rai Saarthi.

Baca juga: Pyka, Aplikasi Unik Untuk Penumpang Yang Sering Ketiduran di Kereta

Untuk penumpang di Indonesia, dalam memesan makanan di kereta masukkan kode booking keret dan nomor validasi di aplikasi Anda. Nantinya akan ada pilihan menu yang bisa dipesan untuk Anda makan di dalam kereta sesuai tujuan dan waktu keberangkatan Anda.