Upayakan SDM dan Manajemen Kelas Dunia, PT MRT Jakarta Rangkul MTR Academy Hong Kong

Kerja Sama PT MRTJ dan MTR Academy Hong Kong

Mengingat waktu peluncuran layanan Mass Rapid Transit (MRT) di Ibukota yang semakin dekat, PT MRT Jakarta selaku kontraktor layanan ini merangkul MTR Academy Hong Kong guna mengembangkan kapasitas SDM. Penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh kedua belah pihak di Balai Agung Pemprov DKI Jakarta, Kamis (1/2/2018) ini, turut pula dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Baca Juga: PT MRT Jakarta Gaet Tower Bersama Group Untuk Gelar Coverage Seluler dan WiFi

Sebagaimana pantauan KabarPenumpang.com di lapangan, selain untuk meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT MRT Jakarta, pimpinan MTR Academy Hong Kong, Mr Morris Cheung juga akan meninjau secara langsung potensi edukasi juga mengadakan sosialisasi terhadap sejumlah pihak terkait selama berada di Jakarta.

Dalam acara yang bertajuk “Realizing Integrated Urban Transportation System: a Lesson from Hong Kong towards The Inception of MRT Jakarta Transport Academy” ini, Dirut PT MRTJ, William P Sabandar tidak lupa menyampaikan perkembangan terakhir dari konstruksi yang tengah pihaknya tunggangi ini. “Overall, Construction Progress hingga saat ini sudah mencapai angka 90,96 persen, struktur bawah tanah telah selesai 95,59 persen, sementara struktur layang telah mencapai 86,36 persen,” tutur William dalam sambutannya.

William melanjutkan, selain menjadikan MTR Hong Kong sebagai salah satu Benchmark-nya, PT MRT Jakarta juga memuji pencapaian yang telah dicapai oleh MTR Hong Kong. “Dengan melayani sekitar 5,5 juta penumpang setiap harinya, On Time Performance MTR Hong Kong mencapai 99,99%,” ungkap William. “Salah satu keunggulan MTR Hong Kong adalah tingkat keselamatannya yang tinggi,” tambahnya.

Adapun tujuan PT MRT Jakarta merangkul MTR Hong Kong adalah untuk saling bertukar pengalaman. “MTR Hong Kong sudah sekitar 40 tahun beroperasi, dan menjadi salah satu penyedia layanan MRT yang berpengalaman di dunia,” cetus William. “Selain itu, kami juga ingin mendalami soal pengelolaan managemen,” tambahnya.

Baca Juga: Kursi Penumpang MRT Jakarta Berbahan Plastik, Upps Jangan Kecewa Dulu!

William juga menambahkan bahwa pihaknya kini tengah menjalin kerja sama dengan pemerintah provinsi untuk belajar bagaimana menerapkan aspek keselamatan yang ada di Hong Kong dan diaplikasikan di Jakarta.

Sandiaga Uno yang turut hadir dalam acara ini pun mendukung penuh kerja sama yang dilakukan oleh kedua belah pihak. “Semoga PT MRT Jakarta bisa menjalin kerja sama yang baik dengan pihak MTR Hong Kong, safety first,” ujar Sandiaga. “Kita ingin MRT Jakarta tidak hanya punya infrastruktur kelas dunia, tapi juga SDM-nya juga harus kelas dunia,” imbuhnya.