Tanpa Jalur Ini, Pulau Samosir Tak Tersambung dengan Daratan Sumatera

detik.com

Bagi kebanyakan wisatawan jalur untuk mengunjungi Pulau Samosir adalah menggunakan jasa kapal ferry atau angkutan kapal lainnya. Nah, lain dari itu ternyata untuk menuju Pulau Samosir juga dapat ditempuh lewat jalur darat. Bagi yang awam, ada pulau bisa diakses lewat jalan darat mungkin bakal mengundang tanya, tapi faktanya salah satu bagian terpencil dari Pulau ditengah Danau Toba ini memang tersambung dengan daratan utama Pulau Sumatera.

Jalur ini bisa dilalui sebagai jalur alternatif menuju ke Pulau Samoris dengan melewati jembatan Tano Ponggol atau dalam bahasa Indonesianya tanah yang terpenggal. Karena untuk menuju rute alternatif ini lumayan berliku, maka jarang dipilih oleh para wisatawan, dan rute ini lebih banyak digunakan oleh penduduk setempat.

Untuk sampai ke Samosir dengan jalur ini, Anda bisa melalui Jalan Raya Sidikalang sampai ke Dolok Sanggul terus menuju Jalan Tele-Pangururan. Nanti Anda akan menemui Jembatan Tano Ponggol atau Jembatan Tele. Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi menuju ke Samosir melalui jalan ini harus tetap waspada.

Sebab jalan untuk menuju Tele ini bukan jalur yang mudah untuk di tempuh. Jalur menurun dan berkelok-kelok membuat Anda haruslah tetap waspada. Namun, dalam perjalanan pastinya Anda akan disuguhkan pemandangan indah dengan pohon pinus sebagai latarnya dan tebing. Tak hanya itu, saat Anda melalui jalur ini, di beberapa titik akan mencium bau belerang yang khas.
Peta_PariwisataBila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, melalui kota Medan tepatnya dari Padang Bulan, Anda bisa menaiki mobil Elf. Tarif yang dibayarkan pun cukup murah sekitar Rp55 ribu perorangnya sudah bisa menikmati pemandangan menuju Samosir melalui jalur darat. Jalur yang ditempuh melalui jalur darat ini langsung dari kota Medan sekitar 6 jam.

Saat sampai di jembatan Tano Ponggol atau jembatan Tele ini untuk menuju Pulau Samosir hanya berjarak 20 meter dari Pulau Sumatera. Jalan Tele Nagali menjadi ujung pertemuan Pulau Sumatera ke Pulau Samosir yang nantinya dipertemukan di jalan Pangururan, Pulau Samosir. Lebarnya pun hanya 3 meter, sehingga untuk jalan di jalur ini, bagi Anda yang baru pertama kali diharapkan hati-hati. Tak hanya itu, untuk melalui jalur ini, Anda disarankan berjalan pada siang atau pagi hari. Ini dikarenakan penerangan di jalur Tele masih kurang memadai dan jalur yang menurun membuat jalur ini agak menyeramkan bila di lalui saat malam hari.