Selain Banyak Minum, Dehidrasi di Pesawat Bisa Dicegah dengan Cara Ini

Atasi dehidrasi dengan minum air (Yukepo.com)

Dehidrasi bisa saja dirasakan setiap orang yang kekurangan cairan karena kurang minum atau berada di ruangan dengan tekanan udara rendah. Biasanya akibat dehidrasi kulit akan kering dan bisa menyebabkan masalah pernafasan dan yang terparah bisa menyebabkan seseorang harus mendapat bantuan medis.

Seperti halnya di dalam pesawat dengan udara kabin yang dingin dan tekanan udara yang rendah bisa membuat seseorang dehidrasi. Tapi, KabarPenumpang.com merangkum everydayhealth.com, ternyata ada beberapa cara untuk seseorang terhidrasi dengan baik dan tidak kekurangan cairan saat berada dalam pesawat dengan perjalanan yang cukup lama.

Baca juga: Hindari Penumpang Pingsan, Suhu Kabin Pesawat Harus Selalu Dingin

Cara paling ampuh agar sistem tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat berada di dalam pesawat yakni minum banyak air. Chief of infectious diseases William L Sutker dari Baylor University Medical Center di Dallas mengatakan, dehidrasi bisa menyebabkan seseorang lelah. “Anda bisa menghindari dehidrasi dengan minum air selama penerbangan berlangsung,” ujar Sutker.

Dia mengatakan, sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat, baiknya siapkan sebotol besar air dan minumlah setiap saat dalam penerbangan. Setiap orang diwajibkan untuk meminum 0,3 liter setiap jam di udara.

Baca juga: Terbang Jarak Jauh? Don’t Worry Ikuti Tips Ini

Tetapi, jangan lupa, bahwa setiap minuman itu bagus untuk menghilangkan dehidrasi dalam penerbangan. Minuman olahraga bisa menggantikan elektrolit dan menjadi pilihan yang baik dalam beberapa kasus, tetapi tidak perlu bila hanya untuk tetap terhidrasi. Minuman yang mengandung alkohol, kafein dan minuman bersoda bisa menjadi pilihan yang buruk untuk tubuh dalam penerbangan.

“Alkohol dapat memperparah dehidrasi dan harus dihindari serta dijaga seminimal mungkin.” ujar Sutker. Selain minuman, baiknya gunakan pelembab untuk kulit Anda, karena tekanan udara yang rendah juga bisa membuat kulit Anda kering hingga gatal. Bila kulit Anda terasa kering, baiknya langsung gunakan pelembab seperti body lotion dan spray isi air untuk disemprotkan ke bagain wajah agar kelembaban kulit terjaga.

Baca juga: Pentingnya Relaksasi di Perjalanan Jauh

Obat tetes mata juga perlu digunakan apalagi bagi Anda yang menggunakan lensa kontak. Saat dehidrasi mata juga akan terasa kering dan perlu untuk untuk diberi obat tetes mata.

Bagi Anda yang memiliki penyakit asma, baiknya siapkan inhaler steroid dan sebelum berangkat konsultasi ke dokter untuk mengetahui kecukupan obat tersebut. Hal ini untuk mencegah kehabisan obat saat berada dalam penerbangan.