Pentingnya Relaksasi di Perjalanan Jauh

Sering melakukan perjalanan jauh dan duduk lama? Anda pasti akan merasa capek dan lelah juga walaupun hanya duduk, apalagi tempat duduk di pesawat, bus ataupun kereta hanya pas untuk duduk saja. Mungkin tak hanya lelah tapi punggung juga akan terasa sakit apabila terlalu lama duduk dan kurang gerak.

Dilansir dari beberapa web kesehatan, para ahli menyarankan kepada Anda yang suka melakukan perjalanan jauh agar tidak lupa untuk melakukan relaksasi tubuh. Relaksasi ini sangat penting di butuhkan tubuh Anda untuk menghindari trombosis atau pembekuan darah di pembuluh darah. Mereka menyarankan agar Anda melakukan peregangan atau relaksasi selama tiga menit.

Gejala-gejala yang di timbulkan oleh pembekuan darah ini yakni otot betis terasa sakit atau nyeri saat disetuh. Adanya pembengkakan pada tungkai, peningkatan suhu pada kulit atau warna kemerahan pada tungkai. Adanya pelebaran pembuluh darah di bawah kulit pada tungkai.

Semua gejala itu diakibatkan kurangnya Anda melakukan gerakan pada tubuh. Sebelum melakukan peregangan Anda bisa berjalan-jalan sebentar di kabin bila kondisi memungkinkan, gerakkan tungkai kaki Anda. Saat ke toilet dan mengantri, Anda bisa menggerakkan peregangan, jangan menggunakan pakaian ketat di bagian badan dan paha atas. Tas yang Anda bawa, jangan sampai mengganggu pergerakan kaki, jangan bepergian saat Anda dalam keadaan dehidrasi dan batasi meminum yang bersifat diuretik.

Relaksasi yang Anda lakukan dalam perjalanan yang memakan waktu lama, tak hanya menghilangkan rasa pegal saja melainkan menjaauhkan Anda dari penyakit yang berakibat serius pada diri. Relaksasi pun bisa dilakukan dengan berdiri, duduk memutar-mutarkan pergelangan kaki, menggerakkan tumit dan leher.
1471594207567Berikut beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan saat perjalanan jauh.
1. Duduk nyaman di kursi
Anda dapat memulainya dengan duduk nyaman di kursi dengan posisi tegak, rilekskan diri Anda senyaman mungkin.

2. Istirahatkan kaki
Luruskan kedua kaki Anda dan letakkan ke lantai, kemudian lemaskan telapak kaki. Tidak lupa regangkan jari kaki ke atas kemudian kebawah, ulangi secukupnya hingga Anda merasa nyaman. Kalau Anda menggunakan sepatu, baiknya sepatu dilepaskan untuk memudahkan peregangan pada bagian kaki.

3. Gerakkan badan
Bagian badan juga biasanya pegal karena terlalu lama duduk. Anda bisa membungkukkan tubuh bagian atas ke arah depan dan genggam lutut menggunakan kedua tangan. Kemudian angkat lutut secara perlahan ke arah dada selama beberapa detik, turunkan kembali ke lantai.

4. Putar pergelangan tangan dan kaki
Letakkan tangan dibawah satu paha, kemudian angkat perlahan ke arah dada. Putar pergelangan kaki selaa 5 detik sebelum meletakkan kembali ke bawah. Lakukan hal yang sama pada kaki yang lain dan ulangi lima kali setiap kaki.