HUT TNI 5 Oktober 2017, Inilah Rekayasa Layanan Penyeberangan Ferry di Pelabuhan Merak

Dua hari lagi puncak HUT TNI 5 Oktober akan digelar di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten. Tidak hanya ratusan kendaraan tempur darat yang ikut memeriahkan defile di hajatan besar-besaran tersebut, namun di perairan Cilegon saat ini juga bersandar puluhan kapal perang TNI AL dalam berbagai jenis. Dan mengingat puncak HUT TNI akan dilangsungkan dengan defile dan atraksi penembakkan roket ke arah lautan, maka aktivitas tersebut akan berdampak langsung pada pelayanan kapal ferry di Pelabuhan Merak.

Baca juga: KRI Tanjung Kambani 971, Kapal Ferry RoRo dengan Cita Rasa Militer

Bila dirunut dari lokasi perhelatan, antara Dermaga Indah Kiat dan Dermaga Ferry PT ASDP hanya berjarak kurang dari 1,2 kilometer. Untuk menjamin keamanan dan keselamatan dalam layanan penyeberangan ferry, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Provinsi Banten, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan pola operasi pada pelayanan di Pelabuhan Merak menjelang dan saat puncak HUT TNI.

Pada 5 Oktober 2017, pelayanan Angkutan Penyeberangan di Dermaga VI Pelabuhan Merak akan ditutup pada pukul 01.30 WIB, selanjutnya akan digunakan tempat sandar bagi KRI Tanjung Nusanive pada pukul 02.00 sampai dengan 15.00 WIB. Sedangkan Dermaga III dan IV Pelabuhan Merak akan ditutup mulai pukul 05.00 sampai dengan 13.00 WIB. Dengan adanya penutupan ini maka kapal kapal yang beroperasi di Dermaga III, IV dan VI akan dikeluarkan dari jadwal lintasan.

Sementara pelayanan di Dermaga I dan II tetap beroperasi dengan jumlah kapal beroperasi sebanyak 12 kapal. Di Pelabuan Merak sejatinya masih ada Dermaga V, namun hingga kini sedang dalam proses perbaikan pasca penabrakan KMP Prima Nusantara milik PT. Jembatan Nusantara pada tanggal 12 Juli 2017 dan diperkirakan baru selesai pada akhir Oktober ini.

Terkait keseluruhan aktivitas HUT TNI, seluruh dermaga di Pelabuhan Merak akan mulai beroperasi kembali setelah selesai acara puncak yakni pada pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Beroperasi 2018, PT ASDP Lakukan Ground Breaking Pembangunan Dermaga Eksekutif Merak – Bakauheni

Untuk hari ini (3/10), dilaksanakan Gladi Bersih dan Tabur Bunga, Dermaga VI di Pelabuhan Merak digunakan untuk sandar KRI DR. Soeharso mulai pukul 05.00 sampai 18.00 WIB, sedangkan untuk mendukung kegiatan Gladi Bersih Dermaga III dan Dermaga IV ditutup mulai pukul 06.00 sampai 11.00 WIB. Kapal kapal yang beroperasi di Dermaga III, IV dan VI sementara dikeluarkan dari jadwal lintasan, selama penutupan maka jadwal kapal yang beroperasi menyesuaikan dengan jumlah Dermaga yang tersedia. Untuk besok, Rabu (4/10) merupakan hari tenang, tidak ada kegiatan latihan dan gladi dari pihak TNI, pelayanan ferry PT ASDP berlangsung normal.