Berusia 30 Tahun, KM Mutiara Sentosa I Makan Korban Jiwa

Shipping Explorer

Sejak awal 2017, KM Mutiara Sentosa I mengalami banyak musibah yang membuat penumpang merasakan penderitaan di mulai dari kapal yang kehabisan bahan bakar hingga terbakar beberapa hari lalu. Kejadian pada KM Mutiara Sentosa I berawal pada 3 Februari 2017, saat itu KM Mutiara Sentosa I yang berangkat dari Balikpapan menuju Surabaya terombang-ambing kehabisan bahan bakar di perairan sekitar Kepulauan Madura sejak pukul 01.00 WIB.

Sayangnya saat kejadian kehabisan bahan bakar, pihak nakhoda dan operator kapal tidak langsung melaporkan kejadian ini ke otoritas pelabuhan setempat, sehingga otoritas pelabuhan dan tim SAR tidak bisa langsung bergerak untuk membantu. Akibat kejadian tersebut, penumpang dan awak kapal merasakan dehidrasi karena bahan makanan dan minuman telah habis. Apalagi terombang ambing selama 18 jam tanpa makanan dan minuman.

Baca juga: Spesifikasi KMP Port Link, Kapal Ferry Teranyar dan Terbesar

Tak hanya penumpang lemas karena dehidrasi, saat itu tercatat ada delapan orang dewasa dan dua anak-anak yang sedang sakit. Dari manifes jumlah penumpang dan awak pada KM Mutiara Sentosa I ada 180 orang. Belum lepas dari insiden di Perairan Madura, baru-baru ini tepatnya 20 Mei 2017 kemarin, KM Mutiara Sentosa I terbakar di Perairan Masalembo dengan korban tewas lima orang dan 192 lainnya selamat, padahal manifes penumpang berjumlah 187 orang.

Penumpang dan awak kapal yang selamat langsung dibawa menuju ke Puskemas di Pulau Masalembo untuk mendapat perawatan untuk korban yang luka-luka. Adapun KM Mutiara Sentosa I ini juga membawa kendaraan yakni dua sepeda motor, 21 unit mobil, sepuluh unit truk sedang dan 47 unit truk besar. Kebakaran terjadi pukul 18.00 WIB dan saat itu KM Mutiara Sentosa I berada sekitar 17 mil jauhnya dari Pulau Masalembo. Kapal penumpang KM Mutiara Sentosa I ini, diketahui beradai dibawah kepemilikan PT Atosim Lampung Pelayaran (APL). Awalnya sebelum terbakar, kapal ini berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak pada Kamis (18/5) pukul 23.41 WIB menuju Balikpapan.

Baca juga: 10 Kapal Misterius Ini Ditemukan Tanpa Awak

Kejadian ini lagi-lagi terjadi di perairan Masalembo yang mengingatkan dengan kejadian terbakarnya kapal Tampomas II di perairan tersebut 36 tahun silam yang mengakibatkan ratusan penumpang tewas dan hilang. Saat itu KM Tampomas II berangkat dari Jakarta menuju Makassar tahun 1981.

Dikutip KabarPenumpang.com dari vesselfinder.com, disebutkan KM Mutiara Sentosa I dibangun pada tahun 1988, kapal ini mempunyai panjang 127 meter dan lebar 21 meter. Bobot kotor kapal ferry RoRo (Roll On Roll Off) ini mencapai 12.365 ton. Hingga tulisan ini diturunkan, pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih akan melakukan penyelidikan terkait terbakarnya KM Mutiara Sentosa. Sementara pihak KNKT masih menunggu laporan resmi dari pihak Badan SAR Nasional (BASARNAS).