600 Stasiun di India Akan Dibenahi dan Miliki Titik “Selfie”

Titik untuk berswafoto di stasiun India (www.hindustantimes.com)

Dengan jumlah penduduk kedua terbesar di dunia (1,3 miliar jiwa) dan memiliki jaringan kereta api yang tersebar luas, membuat India kembali berbenah untuk menempatkan layanan yang layak bagi perkeretaapiannya. Hal ini terlihat dari pihak Indian Railway Station Development Corporation (IRSDC), yang akan membenahi lebih dari 600 stasiun dengan bantuan pihak swasta yang diajukan melalui proposal.

Baca juga: India Lakukan Survei Stasiun Terbersih, Indonesia Kapan?

KabarPenumpang.com yang melansir dari laman hindustantimes.com (11/3/2018), bahwa kemungkinan pengguna kereta akan mendapatkan sesuatu yang unik dari proyek pembenahan stasiun tersebut, yakni disediakannya titik poin untuk ber-selfie atau swafoto di stasiun kereta. Tak hanya itu, lift, eskalator dan perbaikan di bagian luar stasiun-stasiun tersebut juga akan dilakukan  untuk membuat penumpang lebih nyaman nantinya.

Perbaikan fasilitas di 70 stasiun ini harus diselesaikan pada Desember 2018 mendatang. Dari 70 stasiun tersebut yang di tawakan oleh Indian Railway dalam proposal yang diajukan adalah Lonawala di Pune, Mumbai, Nagpur, Lucknow, Varanasi, Jaipur, Delhi dan Mysore.

“Telah diupayakan Railway untuk membangun dan memperbaiki kembali stasiun kereta api untuk memberikan pengalaman lebih baik dan kaya kepada penumpang. Sekitar 600 stasiun telah diidentifikasi dan pilih untuk tujuan pengembangan perkeretaapian India kepada IRSDC. Namun, sebagai langkah awal akan ada 70 stasiun akan dibenahi,” ujar ketua Dewan Kereta Api Ashwani Lohani.

Manajer Divisi Perkeretaapian India diketahui, telah diminta untuk menunjuk konsultan arsitektural dalam mempersiapkan rencana pembenahan dan perbaikan stasiun-stasiun tersebut.

“Pekerjaan untuk memperbaiki dan membenahi stasiun-stasiun ini harus selesai pada Desember 2018. Pekerjaan tersebut mencakup perbaikan bagian-bagian yang jelas terlihat pandangan mata maupun yang tidak pada bangunana stasiun,” ujar seorang pejabat kereta api lainnya.

Adapun yang masuk dalam perbaikan adalah daerah sirkulasi penumpang yang harus dibangun kembali untuk menyediakan jalur baik penurunan maupun penjemputan serta lahan parkir yang memadai. Tempat sampah besar juga harus di sediakan untuk memudahkan pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir.

Baca juga: Dukung Promosi Kendaraan Elektrik, India Hadirkan Stasiun Pengisian Daya di Dua Stasiun Kereta

Untuk pencahayaan, dalam proposal tersebut juga menyebutkan akan menggunakan lampu LED demi menerangkan semua titik lokasi, baik itu untuk swafoto, titik pertemuan, kios atau tempat makan. Pihak perkeretaapian juga memutuskan untuk mengizinkan struktur komersial baik itu hotel atau rumah sakit dibangun dekat stasiun kereta.

Selain itu, pihak kereta api India juga menyewakan tanahnya selama 99 tahun kepada pihak swasta untuk memanfaatkannya dalam tujuan komersial. Ini akan dilakukan pada 600 stasiun yang akan dikembangkan IRSDC.