Terjebak Macet? Yuk Lakukan Hal Berikut Ini Biar Tidak Stress!

Sumber: istimewa

Tidak bisa dipungkiri, kemacetan lalu lintas kian menggila dan menjadi sumber stress bagi semua orang di kota-kota besar. Emosi yang tak tertahankan hingga kegelisahan seakan menjadi pemandangan yang lumrah ketika kemacetan mulai merundung. Ternyata, menghabiskan waktu berlama-lama dalam kemacetan lalu lintas dapat membahayakan kesehatan, dan tentu saja merusak mood Anda.

Seiring dengan potensi stress, akan meningkatkan juga eksposur Anda terhadap polusi udara terkait kemacetan tersebut. Hingga waktunya tiba, kemacetan juga bisa meningkatkan risiko asma hingga serangan jantung.

Baca Juga: Jurus Meredam Emosi Saat Menunggu Antrian

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman psychologytoday.com, solusi terbaik untuk masalah ini adalah dengan cara menghindarinya jika memungkinkan. Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang selalu melintasi rute lalu lintas yang tinggi. Tapi, janganlah berkecil hati karena masih ada beberapa cara yang bisa Anda upayakan.

Semisal, katakanlah Anda bisa menghindari lalu lintas jam sibuk yang paling buruk dengan cara berangkat satu jam lebih awal dari biasanya. Selain bisa menghindari macet, Anda juga masih memiliki waktu senggang yang cukup panjang setibanya Anda di kantor. Bagi Anda yang terbiasa melakukan olahraga terlebih dahulu sebelum berangkat kerja, Anda bisa melakukannya di kantor.

Atau cara lain yang bisa Anda coba adalah mengambil jalur bebas hambatan. Namun pergunakanlah jalur ini sebijaksana mungkin, karena jika kita terlalu bergantung dengan jalur bebas hambatan, maka kemacetan akan pindah ke jalur ini. Akan lebih bijak lagi jika sebelum pergi, Anda mengecek terlebih dahulu rute-rute mana saja yang sudah mulai “memerah” via aplikasi di smartphone Anda.

Baca Juga: Elon Musk, CEO SpaceX Ini Paparkan Ide Entaskan Masalah Kemacetan

Jika Anda telah melakukan itu semua namun masih terjebak macet, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghadapinya dengan lebih santai. Anda memang tidak bisa mengendalikan kemacetan di sekitar Anda, tapi setidaknya Anda bisa mengatur reaksi Anda terhadapnya. Berikut adalah beberapa aksi nyata yang dapat dilakukan dalam mengatasi kemacetan.

Relaksasi
Jika Anda sudah mulai stress dengan kemacetan yang ada, coba untuk tarik napas dalam-dalam, lalu buang perlahan. Metode ini terbukti ampuh untuk membuat tubuh kita rileks, dan sangat mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Menanamkan Pikiran Positif
Alih-alih memikirkan arus lalu lintas yang menjamur sebagai penghalang Anda untuk tiba di kantor, katakan pada diri sendiri bahwa ini adalah jam istirahat sejenak dari pekerjaan atau kesempatan emas untuk mendengarkan saluran radio favorit Anda.

Baca Juga: Contra Flow Busway, Antara Harapan dan Kenyataan

Tetaplah Tersenyum
Jika Anda hanya bisa melaju 10 km per jam di jalur cepat, tetaplah tersenyum. Terlebih jika Anda bisa melihat sesuatu yang lucu dalam kondisi seperti ini, tentunya akan menjadi pereda stress yang ampuh. Jika tidak, berpura-puralah tersenyum, karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa melalui gerakan tersenyum dapat mengurangi intensitas respons stress tubuh Anda.