Stasiun Gandhinagar Jaipur, Gunakan Seluruhnya Petugas Wanita!

Petugas stasiun India (News18.com)

Apa jadinya jika semua petugas stasiun adalah wanita dan tidak ada pria sama sekali? Belum lama ini, pihak kereta api India, mengoperasikan stasiun kereta Gandhinagar Jaipur dengan petugas semuanya wanita.

Baca juga: Perkeretaapian India Siap Tinjau Kebijakan ‘Pay and Use’ Pada Toilet Stasiun

KabarPenumpang.com merangkum dari laman theindianwire.com (20/2/2018), bahwa di stasiun ini ada 40 orang wanita yang akan mengoperasikan stasiun, baik itu petugas loket, pengawas stasiun, penjaga gerbang, kepala stasiun dan staf lainnya. Manajer Perkeretaapian Divisional Jaipur, Soumya Mathur mengatakan, seluruh aktivitas di stasiun kereta api ini memang ditangani oleh wanita.

“Mereka akan menangani operasional dan lainnya, yang pada dasarnya berarti mengoperasikan panel tempat Anda menyelaraskan trek sesuai dengan rute kereta. Lalu ada operasi komersial seperti penjualan tiket,” ujar Soumya.

Dia menambahkan, petugas wanita ini juga dihadirkan untuk keamanan. Sehingga pihaknya akan meminta polisi wanita berpatroli di platform. Sebenarnya untuk mendukung semua awak wanita, Railway Protection Force (RPF) yang memutuskan untuk mengirim 11 personil polisi wanita ke pos polisi yang terhubung dengan stasiun kereta api.

Stasiun Gandhinagar merupakan jalur utama di antara Jaipur dan Delhi. Diketahui 25 kereta api berhenti di stasiun ini setiap harinya, termasuk kereta pengunjung eksekutif seperti Palace On Wheels dan Maharajas Express. Tak hanya itu, 50 kereta setiap harinya melewati stasiun tersebut termasuk Rajdhani dan Shatabdi. Bila dihitung, pelancong yang melewati stasiun Gandhinagar ini ada tujuh ribu.

Para wanita ini mengaku siap untuk menghadapi tantangan tersebut. Mereka akan bekerja dua shift selama delapan jam per shiftnya.

“Pergerakan kereta adalah pekerjaan saya, kereta api mana yang akan diterima di jalur mana. Semua kereta api penting bagi kita apakah penumpang atau barang. Keamanan begitu banyak orang bergantung pada kita dan barang-barang berharga crore diangkut dengan kereta api, jadi tujuan utama kita adalah untuk memudahkan pergerakan kereta yang aman,” jelas master stasiun Angel Stella saat ia mengibarkan bendera hijau untuk mengizinkan kereta barang yang lewat.

Baca juga: Indian Railways Bakal Gunakan Drone Untuk Tunjang Pelayanan di Berbagai Aspek

Dia mengatakan tidak khawatir dengan pembuat keributan di stasiun. “Tidak masalah, wanita tidak kalah dari siapapun.” Saat ini Gandhinagar merupakan stasiun kedua setelah Matunga di Mumbai yang menjadikan wanita sebagai petugas operasional stasiun.