Sah! Singapore Airlines Terima Boeing 787-10 Perdananya

Sumber: newatlas.com

Sebagai salah satu langkah untuk memperpanjang nafas bisnisnya, Flag Carrier Singapura, Singapore Airlines mendatangkan armada baru yang diyakini sebagai salah satu langkah strategis untuk memenangkan pasar aviasi global. Kali ini, maskapai yang memilih Changi International Airport sebagai hub penerbangannya tersebut secara resmi telah mendaftarkan Boeing 787-10 Dreamliner sebagai salah satu armada terbarunya.

Baca Juga: Miles KrisFlyer Singapore Airlines Naik Per 7 Desember 2017

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, pada 25 Maret 2018 kemarin, pihak Boeing melakukan seremoni pelepasan terhadap salah satu keluarga Dreamliner terbesar ber-livery Singapore Airlines di pusat perakitan Commercial Airplanes Boeing di North Charleston, South Carolina, Amerika Serikat.

Dalam acara tersebut, turut hadir pula Chief Executive Singapore Airlines, Goh Choon Phong sebagai perwakilan dari pihak pembeli. “Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk menjadi maskapai pertama di dunia yang menerima pengiriman pesawat luar biasa ini,” tutur Goh sembari mengklaim Boeing 787-10 sebagai pesawat yang ‘cantik’. “Ini akan menjadi elemen penting dalam strategi pertumbuhan kami secara keseluruhan, memungkinkan kami memperluas jaringan dan memperkuat operasi kami,” imbuhnya.

Sumber: newatlas.com

Diketahui, Boeing 787-10 Dreamliner Singapore Airlines ini akan mulai mengudara pada bulan Mei mendatang dengan rute jarak pendek Bangkok dan Kuala Lumpur. Kendati spesifikasi dari pesawat ini dikhususkan untuk rute penerbangan jarak jauh, namun pihak Singapore Airlines mengaku hendak melakukan soft launching terlebih dahulu sebelum menempatkan Boeing 787-10 terbaru ini di rute antara Singapura – Osaka, dan Singapura – Perth.

Pihak Boeing sendiri mengklaim bahwa 787-10 merupakan pesawat paling efisien di kelasnya. Efisiensi tersebut dipadu-padankan dengan biaya operasi per kursi paling rendah diantara pesawat berbadan lebar lainnya. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, 787-9, ukuran dari Boeing 787-10 sedikit lebih panjang, sekitar 5,5m. Dengan begitu, daya angkut dan kapasitas kargo dari armada anyar Singapore Airlines ini sendiri pun otomatis akan meningkat.

Dengan kapasitas maksimal 330 penumpang dan ukuran kargo yang 15 persen lebih besar, tidak berarti pesawat ini menjadi lebih boros bahan bakar. Pihak Boeing mengaku 787-10 mampu menghemat 25 persen penggunaan bahan bakar ketimbang 787-9. Padahal, kedua mahakarya Boeing ini memiliki tingkat kesamaan hingga 95 persen.

Baca Juga: Singapore Airlines Borong 39 Unit Boeing ‘Wide Body’ Senilai US$13,8 Miliar

“Ini adalah hari besar bagi kita semua di Boeing dan mitra pemasok global kami,” ungkap Kevin McAllister selaku Presiden dan CEO dari Boeing Commercial Airplanes, dikutip dari laman newatlas.com (27/3/2018). “Kami sangat senang bisa mengantarkan 787-10 Dreamliner pertama ke Singapore Airlines, salah satu maskapai penerbangan terkemuka di dunia,” tandasnya.

Dengan kecepatan jelajah maksimum mencapai 913km/jam, Boeing 787-10 ini siap mengantarkan penumpang Singapore Airlines hingga jarak maksimal 12.964km! Seperti yang tersurat pada pemberitaan sebelumnya, pihak Singapore Airlines tengah berupaya untuk menambah armada untuk rute penerbangan jarak jauhnya. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 39 pesawat dipesan pihak Singapore Airlines kepada Boeing, dengan rincian 20 unit Boeing 777-9 dan 19 unit Boeing 787-10 Dreamliner.