Persiapkan Musim Mudik 2018, PT KAI Sudah Buka Pemesanan Tiket Sejak 1 Maret Kemarin!

Sumber: istimewa

Tak terasa, bulan suci umat Muslim sebentar lagi akan kembali menyapa. Banyak rencana dan persiapan yang sudah mulai dilakukan oleh sejumlah lapisan masyarakat dalam menyambut Bulan Ramadhan yang diperkirakan jatuh pada pertengahan Mei 2018 mendatang, salah satunya adalah berburu tiket untuk mudik.

Baca Juga: Meski Dalam Perjalanan Mudik, Shalat Jangan Ditinggalkan

Dalam menangani hal tersebut, kereta api sebagai salah satu moda yang paling banyak digunakan oleh para pemudik ini telah mempersiapkan sejumlah langkah strategis dalam menghadapi musim mudik tahun ini.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, terhitung sejak tanggal 1 Maret 2018 kemarin, PT KAI telah membuka layanan pemesanan tiket untuk Hari Raya Idul Fitri 1439H. Pemesanan ini dapat dilakukan oleh para calon pemudik tiga bulan (H-90) sebelum keberangkatan. Senior Manager Humas PT KAI DAOP I, Edy Kuswoyo, mengatakan, pemesanan tiket tersebut bisa dilakukan sejak 1 Maret kemarin hingga 30 Maret 2018 mendatang.

Adapun, tanggal keberangkatan jadwal kereta pada masa angkutan Lebaran 30 Mei 2018 hingga 28 Juni 2018. “Diharapkan, dengan jarak pemesanan H-90 masa angkutan lebaran ini, pelanggan kereta api bisa mengatur waktu keberangkatannya dengan tepat,” ungkap Edy, dilansir dari laman wartakota.tribunnews.com, Senin (5/3/2018). “Dan semoga PT KAI Daop 1 Jakarta dapat mengakomodir kebutuhan calon penumpang untuk perjalanan mudik lebaran nanti,” tambahnya.

Sementara itu, menurut catatan yang dimiliki oleh PT KAI, Edy mengaku bahwa rentang waktu antara H-7 Lebaran atau yang jatuh pada tanggal 8 Juni 2018 dan H-3 Lebaran atau yang bertepatan dengan tanggal 14 Juni 2018 merupakan tanggalan favorit para pemudik untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.

PT KAI juga tidak menampik bahwa hadirnya sistem pemesanan tiket secara online dapat memudahkan bagi siapa saja yang hendak membeli tiket perjalanan, tidak terkecuali untuk high season seperti musim mudik Lebaran. Penumpang yang membeli tiket lebaran via online dinilai lebih efektif ketimbang mereka harus rela mengantre berjam-jam hanya demi mendapatkan tiket kereta.

Baca Juga: Momen Mudik Lebaran, Saatnya Maksimalkan Kemampuan Fotografi

Pembelian tiket kereta bisa dilakukan secara online melalui KAI Acces dan website PT Kereta Api Indonesia tiket.kereta-api.co.id, yang dapat dipesan mulai pukul 00.01 sesuai waktu pemesanan tiket.