LRT Kelapa Gading-Velodrome Progress Pengerjaan 67 Persen

LRT Jakarta, Kelapa Gading-Velodrome

Light Rapid Transit atau biasa disebut LRT yang saat ini dalam tahap pembangunan mulai di percepat untuk tujuan Kelapa gading ke Velodrome di Rawamangun. Hal ini guna memudahkan dan memperlancar kendaraan bagi para atlet yang akan bertanding pada Agustus 2018 mendatang.

Baca juga: Jelang Asian Games 2018, LRT Palembang Mulai Uji Coba Maret Mendatang

Project Engineer LRT, Rizky Fauzi mengatakan, untuk fase pertama dari Kelapa gading menuju Velodrome ini proyek pengerjaan sudah sekitar 67 persen. Dipo kereta yang berada di Jalan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading pun saat ini masih dalam pembangunan.

Padahal diketahui, wisma atlet untuk Asian Games berada di daerah Kemayoran. Namun, Rizky mengatakan, pihaknya memilih Pegangsaan Dua dikarenakan, lahan untuk dipo kereta ada sehingga jalur tersebut di mulai dari Kelapa Gading.

“Untuk Kemayoran, kita tidak membuat jalur karena memang lahan untuk pembuatan dipo tidak ada. Pemerintah daerah DKI Jakarta menyediakan lahan di Pegangsaan Dua, maka kita buat dipo kereta LRT disana,” ujar Rizky kepada KabarPenumpang.com saat ditemui di Pameran Railway JI Expo, Jumat (23/3/2018).

Dia mengatakan saat ini kereta untuk fase pertama Kelapa Gading-Velodrome dalam pengiriman dan ada dua rangkaian dengan masing-masing dua kereta. Dalam setiap rangkaian sendiri, Rizky mengatakan bisa mengangkut penumpang sekitar 200-an orang dengan berdiri maupun duduk.

“Kita saat ini juga sudah mulai pembuatan stasiun, ada lima dan namanya masih kita pakai dari nama adanya stasiun tersebut yakni Velodrome, Pacuan Kuda, Pulo Mas, Gading Boulevard dan Gading Mall. Dipo kereta dinamakan Pegangsaan Dua,” ujar Rizki.

Tak hanya itu, LRT ini masih akan menggunakan masinis untuk menjalankan rangkaian keretanya. Sebab sistem sinyalnya masih dikendalikan secara manual. Sedangkan untuk fase kedua Velodrome ke Dukuh Atas masih dalam tahap perencanaan.

Baca juga: Korea Selatan Bakal Sokong Pendanaan Proyek LRT Jakarta Fase II

Tak hanya LRT Jakarta, LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi) saat ini juga sudah mencapai progres pengerjaan sekitar 60 persen. Baik jalur maupun stasiun di kerjakan secara bersamaan. Humas PT Adhi Karya, Isnanita Deborani mengatakan, pengerjaan saat ini di fase pertama dalam penyelesaian dari Cawang menuju Cibubur.

Isna menambahkan nantinya LRT Jabodebek ini juga akan berintegrasi dengan LRT Jakarta yang akan berpusat di Dukuh Atas. Kapasitas penumpang LRT Jabodebek sendiri sekitar 800 penumpang dengan 174 kursi dan 620 lainnya berdiri.