Lakukan Perjalanan ke Beijing, Beginilah Kelebihan dari Kereta yang Bawa Kim Jong-un

Sumber: istimewa

Perhatian publik dunia tertuju pada Beijing, Cina, Senin (16/3/2018) malam kemarin. Pasalnya, sebuah kereta asing berwarna hijau tua mengular di Negeri Tirai Bambu. Tidak ada yang aneh dari bentuk kereta tersebut, namun kepemilikannya yang lalu mencuri perhatian dunia. Ya, kereta tersebut sangat mirip dengan kereta pribadi yang biasa digunakan mendiang pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il.

Baca Juga: Mewah Bak Limousine, Berlapis Baja Laksana Tank, Inilah Kereta Diktator Korea Utara

Tapi pada kesempatan ini, kami tidak akan membahas tentang maksud dari kedatangan Kim Jong Un, Presiden sekaligus diktator asal Korea Utara ini ke Cina, melainkan kereta yang digunakannya. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, kereta ini bukanlah sembarang kereta. Banyak rumor yang menyebutkan bahwa kereta ini dilapisi oleh baja, sehingga tidak heran jika selongsong peluru tidak bisa melubangi body dari kereta berwarna hijau pekat ini.

Berikut, KabarPenumpang.com himpun beberapa fakta menarik dari kereta yang pernah mengangkut mendiang Kim Jong Il menuju Rusia beberapa bulan sebelum kematiannya pada 17 Desember 2011, dikutip dari laman nytimes.com (27/3/2018).

Lebih Tahan Terjangan Peluru
Ya, seperti yang sudah disinggung di atas, kereta yang menarik 21 gerbong ini memang dilapisi oleh baja sehingga kebal terhadap tembakan. Namun, penggunaan baja untuk melapisi body dari rangkaian kereta ini berimbas pada bobot masing-masing gerbong yang menjadi lebih berat. Ketika bobot bertambah, maka secara otomatis kecepatan dari kereta pun akan berkurang. Diketahui, kereta ini hanya mampu melaju dengan kecepatan maksimum 37mph atau yang setara dengan 59,6km/jam.

Sumber: istimewa

Interior yang Sangat Nyaman
Kendati bagian luarnya sangat kuat, namun berbanding terbalik dengan interiornya. Hal ini diketahui dari hasil liputan media setempat yang mendapat kesempatan untuk meliput bagian dalam dari kereta diktator Korea Utara ini. Dalam siaran yang tayang pada tahun 2015 silam, terlihat Kim Jong-Un tengah duduk di sebuah kursi mewah, dan memimpin sebuah rapat di sebuah gerbong makan.

Di dalam tayangan tersebut, tampak pula interior gerbong yang dilapisi oleh kayu berwarna putih, layaknya di sebuah ruang pertemuan, lengkap dengan televisi dan kursi rapat yang terlihat empuk.

Baca Juga: Berpendingin Es Balok, Inilah Kereta Kepresidenan Soekarno

Pelayanan Ekstra Selama Perjalanan
Sebagai seorang diktator, ayah dari Kim Jong-Un, Kim Jong-Il tergolong cukup unik. Pasalnya, ia takut untuk menggunakan pesawat ketika melakukan perjalanan jauh, maka dari itu ia lebih memilih untuk menggunakan kereta pribadinya untuk melakukan perjalanan kemana pun. Namun jangan salah, kendati nilai prestise yang ditawarkan oleh kereta tidaklah setinggi pesawat, tapi kelengkapan di dalamnya sangatlah lengkap. Mulai dari teknologi komunikasi modern, puluhan staf yang siap melayani, hingga pramugari wanita yang bertugas untuk menghibur sang diktator.