Jelang Asian Games 2018, Pekerjaan MRT Jakarta Dibekukan Sejenak

Sumber: Kompas.com

Ketika PT MRT Jakarta (PT MRTJ) tengah disibukkan dengan penyelesaian fase I yang rencananya akan diluncurkan pada Maret 2019 mendatang, nampaknya agenda tersebut akan sedikit terganggu oleh perhelatan olahraga terbesar se-Asia, Asian Games. Tahun lalu, perusahaan yang tengah menghadirkan sistem metro pertama di Indonesia ini sempat optimis bahwa MRT dapat digunakan ketika ajang Asian Games 2018 berlangsung.

Baca Juga: Satu Tahun Jelang Peluncuran, Ini Dia Perkembangan Terbaru dari MRT Jakarta!

Sebagaimana pantauan KabarPenumpang.com pada acara Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta yang diadakan Selasa (27/2/2018) kemarin, Diretur Utama PT MRTJ, William P Sabandar mengatakan bahwa proyek MRT tidak akan mengganggu keberlangsungan ajang Asian Games 2018 yang rencananya dihelat pada bulan Agustus mendatang. Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Willy tersebut mengaku akan ‘membekukan‘ sementara proyek pembangunan MRT.

“MRT belum beroperasi. Tapi, kita memastikan bahwa bagian Sudirman-Thamrin itu tidak ada pekerjaan langsung selama Asian Games,” tutur William. “Kita ingin memastikan bahwa Asian Games tidak dihambat oleh pekerjaan MRT Jakarta,” imbuhnya.

William juga menambahkan bahwa pihaknya akan membongkar semua seng-seng penutup proyek selama perhelatan Asian Games 2018 berlangsung. Tidak hanya itu, trotoar yang selama ini turut terkena imbas dari proyek ini pun akan dirapikan. Semua itu dilakukan semata-mata demi mengharumkan nama Jakarta yang menjadi tuan rumah perhelatan akbar ini.

Perlu digaris bawahi, ‘pembekuan’ proyek MRT Jakarta ini tidak berlaku di keseluruhan jalur. Hanya proyek yang berlangsung di daerah Sudirman – Thamrin saja yang diliburkan untuk sementara waktu. Hingga saat ini, kesiapan fase I MRT Jakarta yang membentang dari Lebak Bulus – Bunderan HI ini sudah mencapai angka 91,86 persen. Jika semuanya berjalan sesuai dengan apa yang telah diagendakan sebelumnya, William optimis peluncuran MRT Jakarta fase I ini tidak akan ngaret.

Baca Juga: PT MRT Jakarta Siap Jajal Pembangunan Fase 2, Tapi….

Pada kesempatan itu juga, William memaparkan tentang armada yang nantinya akan digunakan oleh MRT Jakarta. Ia mengatakan bahwa dua rangkaian kereta yang akan beroperasi di rute Lebak Bulus – Bunderan HI berada dalam status siap kirim dan sesuai agenda, kereta tersebut akan tiba di Jakarta pada akhir Maret 2018 mendatang. Kita tunggu saja!